PPDB Online, Orangtua Siswa di PPU Sempat Kesulitan Mendaftar Sekolah

Belum semua wilayah di PPU mendapatkan jaringan internet

Penajam, IDN Times - Orangtua siswa calon peserta didik baru jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengaku sempat mengalami kesulitan untuk mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran 2020/2021. 

“Awalnya sih saya agak kesulitan untuk mengisi formulir yang ada di link tersebut dan harus mengulang beberapa kali, tetapi setelah mempelajari alur sistem pendaftarannya semua ternyata mudah saja dan tidak lagi terkendala,” ungkap Lena yang mendaftarkan anaknya ke SD negeri PPU kepada IDN Times, Rabu (24/6) di Penajam.

1. Link PPDB Online itu diketahui melalui media sosial dan baliho pengumuman di sekolah

PPDB Online, Orangtua Siswa di PPU Sempat Kesulitan Mendaftar SekolahPPDB Oline Disdikpora PPU (ppu.siap-ppdb.com)

Dibeberkan Lena, Link PPDB Online itu dia ketahui melalui media sosial dan baliho pengumuman saat datang ke sekolah yang dituju. Ia kemudian mengakses SIAP PPDB Online Kabupaten Penajam Paser Utara melalui ppu.siap-ppdb.com.

“Setelah masuk dalam link tersebut, kita tinggal klik tujuan pendaftaran untuk SD atau SMP. Dimana terdaftar jalur pendaftaran zonasi, Afirmasi dan perpindahan Orang Tua untuk SD sedangkan SMP terdapat tambahan jalur prestasi tinggal kita pilih dan klik saja,” kata Lena.

Baca Juga: Zona Kuning COVID-19, Siswa di Penajam Masih Harus Belajar dari Rumah

2. Bagi mereka yang diluar jaringan internet jelas jadi kendala

PPDB Online, Orangtua Siswa di PPU Sempat Kesulitan Mendaftar SekolahKantor Disdikpora PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Senada dengannya, Aprian yang akan mendaftarkan anaknya ke SMP menambahkan, PPDB Online sangat membantu, khususnya bagi orang tua yang memiliki fasilitas internet, komputer, atau handphone andriod. Sementara bagi mereka yang diluar jaringan internet atau tidak memiliki fasilitas tersebut bisa menjadi masalah.

“Bagi kami yang memiliki fasilitas lengkap tidak menjadi masalah, tetapi bagi masyarakat yang lokasinya berada di wilayah tidak terjangkau internet jelas jadi kendala dalam PPDB Online itu,” tegas Aprian.

3. Tidak semua wilayah di PPU terjangkau internet jadi kendala pelaksanaan PPDB secara daring

PPDB Online, Orangtua Siswa di PPU Sempat Kesulitan Mendaftar SekolahPPDB Online PPU (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU, Alimuddin menuturkan, pelaksanaan PPDB secara online ini diakuinya masih belum maksimal khususnya di wilayah pelosok yang belum ada jaringan internet.

"Tidak semua wilayah di PPU yang terjangkau jaringan internet. Kondisi ini jelas menjadi kendala dalam pelaksanaan PPDB secara daring. Kami juga telah berkoordinasi dengan Diskominfo PPU serta perusahaan provider guna mengatasi permasalahan tersebut," kata Alimuddin.

Akibat keterbatasan jaringan fasilitas tersebut, lanjutnya, sejumlah orang tua calon siswa mendaftarkan anaknya secara manual dengan datang ke sekolah.

Untuk diketahui, tambah Alimuddin, pelaksanaan PPDB daring di PPU untuk SD dan SMP telah dilaksanakan sekaligus verifikasi pendaftaran sejak 22-24 Juni, seleksi dilakukan pada 25 Juni kemudian diumumkan 26 Juni. Sementara daftar ulang akan digelar dari 27-29 Juni. Sementara, hari pertama masuk sekolah atau tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli mendatang.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Disdikpora PPU Maksimalkan Teknologi untuk PJJ  

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya