Rapid Test Positif, 5 Orang di Penajam Paser Utara Jadi PDP 

Kelimanya termasuk klaster Gowa

Penajam, IDN Times - Ancaman dari klaster Gowa untuk penyebaran virus corona atau COVID-19 di Penajam Paser Utara (PPU) semakin nyata.

Pada Sabtu (18/4) terdapat penambahan tujuh pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Total saat ini ada 11 orang terkonfirmasi positif COVID-19 di PPU. Semuanya memiliki riwayat mengikuti Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU juga mencatat penambahan Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak lima orang.

"Tadinya lima warga itu berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP) tapi statusnya menjadi Pasien dalam Pengawasan (PDP), karena sesuai kriteria dimana hasil rapid test-nya positif," ujar Juru Bicara Pemkab PPU terkait penanganan COVID-19 , dr. Arnold Wayong kepada IDN Times, Sabtu (18/4) di Penajam.

1. Kelima orang PDP baru tersebut termasuk klaster Gowa

Rapid Test Positif, 5 Orang di Penajam Paser Utara Jadi PDP Suasana ijtima di Gowa. (IDN Times/Istimewa)

Dibeberkannya, kelima orang PDP baru tersebut juga merupakan jemaah Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa atau disebut klaster Gowa

Klaster yang sama dengan 11 pasien yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 dari pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Mereka semua masuk dalam klaster Gowa dan  berasal dari wilayah kerja Puskemas Petung serta Babulu. Kebanyakan pasien ini telah menjalani isolasi di RSUD Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU, karena menunjukan gelaja dan hasil rapid test-nya positif," kata Arnold.

Baca Juga: Jadi 21 Orang, Pasien Positif COVID-19 Transmisi Lokal di Balikpapan 

2. Kelima pasien dalam keadaan stabil di ruang isolasi RSUD PPU

Rapid Test Positif, 5 Orang di Penajam Paser Utara Jadi PDP Juru Bicara Pemkab PPU terkait penanganan COVID-19, dr. Arnold Wayong, saat memberikan keterangan pers (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnorld menjelaskan lima pasien menunjukkan gejala batuk dan flu. Namun tidak semua pasien mengalami demam dan sesak napas. 

Saat ini, kondisi kelima pasien stabil di ruang isolasi RSUD PPU dan sampel swab kelima PDP tersebut telah diambil oleh pihaknya. 

3. Kasus terbanyak dari Kecamatan Penajam

Rapid Test Positif, 5 Orang di Penajam Paser Utara Jadi PDP Infografis COVID-19 PPU update 18 April 2020 (Dok Pemkab PPU)

Ia merinci, untuk kasus total ODP mencapai 155 kasus, kemudian untuk PDP jumlah keseluruhan 16 kasus, yakni konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 11 orang, dalam proses pengawasan satu kasus  serta konfirmasi swab pertama negatif COVID-19 sebanyak empat orang. (Lihat info grafis)

"Untuk jumlah kasus terbanyak berada di Kecamatan Penajam  baik ODP, PDP, PDP terkonfirmasi positif dan  ODP selesai pemantauan dimana dari total 134 kasus sebanyak 59 orang merupakan warga Kecamatan Penajam," pungkas Arnold.

Baca Juga: Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Bertambah 7 Orang

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya