Rescue Borneo Tanggapi Pengangkatan Kepala Otorita IKN

Minta tokoh adat dilibatkan dalam otorita

Penajam, IDN Times - Diangkat dan dilantiknya Kepala dan Wakil Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) atas keputusan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), mendapat sambutan hangat dan antusias dari Founder (pendiri) dan Director on Rescue Borneo.

“Saya menyambut hangat dan antusias keputusan Bapak Presiden karena telah mengangkat Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita Donny Rahajoe,” ujar Founder dan Director on Rescue Borneo Wahidin Alaudin MURP kepada IDN Times, Jumat (11/3/2022).

1. Tugas utama otorita memastikan tak terjadi ketimpangan antara IKN dan PPU

Rescue Borneo Tanggapi Pengangkatan Kepala Otorita IKNSalah satu area di ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara yang bakal dibangun (Tangkapan layar YouTube IDN Times)

Menurutnya, ini adalah perpaduan yang apik antara birokrat - teknokrat dan praktisi pengembangan kota. Selain itu, sesuai janji presiden bahwa kepala dan wakil kepala Otorita bukan partisan partai politik.

“Pekerjaan utama Kepala dan Wakil Otorita yang berkaitan dengan daerah penyangga khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) adalah memastikan bahwa tidak terjadi ketimpangan antara ibu kota negara Nusantara dan Kabupaten PPU,” sebutnya,

Diungkapkannya, sekitar 35 persen luas wilayah PPU akan menjadi wilayah IKN, dan sekitar 37 persen jumlah penduduk PPU akan menjadi penduduk IKN. Ini akan menjadi salah satu pertimbangan utama.

Baca Juga: Polres PPU Ringkus Kurir Narkoba dari Babulu

2. Dana block grant untuk Kabupaten agar ada akselerasi pembangunan antara IKN dan PPU

Rescue Borneo Tanggapi Pengangkatan Kepala Otorita IKNWahidin Alaudin MURP (IDN Times/Ervan)

Selain itu, Wahidin pun berharap agar pemerintah tidak mengulangi apa yang terjadi di Jakarta dan wilayah sekitarnya. Di mana tidak ada desain pembangunan yang harmonis dan berkelanjutan antara DKI Jakarta dan daerah penyangga.

"Sehingga Kepala Otorita dan Wakil Otorita harus memperhatikan hal ini,” urai pendiri organisasi research yang fokus pada urban and sustainable City ini.

Kemudian, lanjutnya, yang lain juga yang menjadi perhatian adalah adanya dana block grant kepada Kabupaten PPU sehingga akselerasi pembangunan antara IKN Nusantara dan Kabupaten PPU. 

“Seperti diungkapkan beberapa waktu yang lalu oleh Plt. Bupati PPU Hamdam bahwa kabupaten itu membutuhkan dana atau anggaran block grant sebesar Rp5 triliun,” tukasnya.    

3. LAP PPU dukung keputusan presiden angkat kepala dan wakil kepala Otorita IKN

Rescue Borneo Tanggapi Pengangkatan Kepala Otorita IKNKetua DPD LAP PPU periode 2021-2026, Musa (IDN Times/Ervan)

Terpisah, Ketua DPD Lembaga Adat Paser (LAP) Kabupaten PPU Musa menyatakan, dukungannya atas keputusan Presiden Jokowi mengangkat Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita Donny Rahajoe. 

“Kami jelas mendukungnya, apalagi itu adalah hak prerogatif bapak presiden, tentu telah melalui pertimbangan yang matang pula untuk kepentingan negara dan bangsa,” tegasnya.

Namun, tambah Musa, dirinya hanya meminta agar kepala otorita dapat melibatkan tokoh-tokoh masyarakat daerah yang memahami kultur masyarakat Kaltim dalam roda pemerintahannya kelak. Khususnya tokoh masyarakat di PPU serta Kutai Kartanegara (Kukar) di mana daerahnya dijadikan sebagai lokasi pemindahan IKN itu. 

4. Setidaknya tokoh masyarakat daerah dilibatkan agar bisa berikan sumbangsih untuk IKN

Rescue Borneo Tanggapi Pengangkatan Kepala Otorita IKNMasyarakat Adat Paser, Dayak, Banjar dan Kutai yang berdomisli di lokasi ibu kota Nusantara (Dok.IDN Times/Istimewa)

Setidaknya para tokoh masyarakat daerah tersebut dapat dilibatkan, sehingga bisa memberikan sumbangsih pemikiran untuk mewujudkan pembangunan IKN di Kaltim. Tanpa menghilangkan kultur masyarakat Kalimantan.

Dirinya yakin, para tokoh ada dan masyarakat di PPU dan Kukar siap dijadikan sebagai bagian dari tim kerja kepala otorita. Entah namanya staf ahli atau tenaga ahli nantinya. Dengan harapan aspirasi masyarakat daerah dapat terakomodasi. 

“Kami siap memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program kerja Otorita IKN itu. Agar kultur masyarakat daerah tetap terjaga dan terakomodir,” pungkasnya.       

Baca Juga: Atasi Kelangkaan, Pemkab PPU Gelar Pasar Murah Minyak Goreng 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya