Rhenaldo dan Eli Terpilih Jadi Duta Wisata Wisata Penajam Paser Utara

Finalis terpilih disiapkan ke ajang lebih tinggi

Penajam, IDN Times - Pasangan Rhenaldo Elvanda Pratama Burhan dan Eli Renia terpilih sebagai Duta Wisata Benuo Taka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2022. Dalam ajang ini, May Syah Zahrah juga dinobatkan sebagai Putri Pariwisata PPU 2022.

Keduanya terpilih dalam ajang Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Benuo Taka PPU 2022 digelar sejak 5 Agustus dan Grand Final pada 8 Agustus 2022. Duta wisata ini mendapat amanah untuk memperkenalkan budaya dan pariwisata di daerah yang berdampingan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

“Peran duta wisata serta putri pariwisata  penting dalam pertumbuhan serta pembangunan di PPU, khususnya di bidang pariwisata seperti, memperkenalkan destinasi wisata, seni budaya, adat istiadat kepada masyarakat luar sehingga bisa dikenal oleh khalayak umum,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) PPU Andi Israwati Latief disela-sela kegiatan, Selasa (9/8/2022).

1. Sejak dinobatkan mereka bertugas berperan aktif bantu pemerintah promosikan pariwisata

Rhenaldo dan Eli Terpilih Jadi Duta Wisata Wisata Penajam Paser UtaraPutri Pariwisata PPU tahun 2022, May Syah Zahrah diapit Putri Pariwisata 2021 dan Kepala Disbudpar PPU (IDN Times/Ervan)

Jadi, katanya, sejak dinobatkan menjadi duta wisata maka sejak ini juga mereka bertugas untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata, seni, budaya yang ada di PPU. Melanjutkan masa duta dan putri pariwisata periode sebelumnya.

“Mereka dipilih setelah melalui rangkaian seleksi dan diikuti 20 finalis. Para finalis menjalani karantina untuk mendapat pembekalan mengenai public speaking, ekonomi kreatif, etika berbusana dan modeling, personal branding, pertunjukan bakat dan wawancara serta table manner,” jelasnya.

Ajang ini digelar  sebagai sumber inspirasi dan motivasi generasi muda untuk melestarikan budaya dan mempromosikan potensi wisata. Maka dari itu penjaringan muda-mudi terbaik daerah dilakukan.

Baca Juga: PPU Tidak Memiliki Ahli Psikolog Klinis untuk Penanganan KDRT 

2. Bertugas berikan informasi dan membentuk citra pariwisata positif di mata wisatawan

Rhenaldo dan Eli Terpilih Jadi Duta Wisata Wisata Penajam Paser UtaraPara finalis duta wisata PPU terpilih 2022 (IDN Times/Ervan)

Para duta wisata dan putri pariwisata itu, terangnya, memiliki peran sebagai promotor pariwisata, melalui media cetak, elektronik serta melalui media sosial. Tugasnya untuk memberikan informasi dan membentuk citra pariwisata positif di mata wisatawan.

“Kami pun di Disbudpar PPU juga telah menyiapkan duta dan putri pariwisata terpilih untuk melanjutkan di ajang yang lebih tinggi. Mereka akan dikirim ke tingkat provinsi untuk bersaing mewakili Kaltim ke jenjang nasional,” tegasnya.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab PPU Ahmad Usman menambahkan, ajang ini juga sebagai salah satu pemanfaatan potensi keberagaman sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) di PPU. Dengan menampilkan putra -putri terbaik daerah guna mempromosikan semua destinasi wisata.

3. Duta wisata punya pemahaman, kepekaan dan kecakapan sikapi situasi di sekitarnya

Rhenaldo dan Eli Terpilih Jadi Duta Wisata Wisata Penajam Paser UtaraDestinasi wisata pantai Tanjung Jumlai, Kabupaten Penajam Paser Utara (IDN Times/ Ervan)

Oleh karena itu, sebagai duta wisata tidak hanya punya kelebihan secara fisik dan kepribadian yang baik saja. Tetapi juga pemahaman, kepekaan dan kecakapan dalam menyikapi situasi yang ada di sekitarnya. 

“Ini merupakan bekal bagi duta wisata dalam menggali potensi wisata dan mempromosikan wisata-wisata yang ada di PPU. Terlebih dengan adanya IKN Nusantara,” sebutnya.

Dalam ajang tersebut, juga dipilih pasangan Muhammad Rivaldy Sheva Syaputra dan Sindy Aulia  sebagai Wakil I Duta Wisata, serta Muhamad Astian dan Yunita sebagai Wakil II Duta Wisata. Kemudian pasangan Muhammad Akbar Syahril dan Abigail Fahriyah Calista sebagai Duta Wisata Persahabatan dan pasangan Imam Dzulvan Muffid dan Revalina Nadhiroh sebagai Duta Wisata Intelegensia, serta Adam Aliyansyah dan Wianda Salsabilla sebagai Duta Wisata Favorit.

Seluruh finalis tersebut dipilih berdasarkan keputusan dewan juri terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK PPU Satriani Sirajuddin Hamdam, Kepala Disbudpar Andi Israwati Latief, Kepala Bidang Kebudayaan dan Produk Pariwisatai Disbudpar PPU Christian, Yayasan SanSis Children (Kampung Inggris) PPUSiska Tangdibali, dan Putri Pariwisata Favorit Kaltim 2013 Ellis Prihandini Hakim.

Baca Juga: Guru Honorer Dihapus, PPU Terancam Krisis Sumber Daya Tenaga Pendidik

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya