RS Pratama Sepaku Difungsikan, Positif COVID-19 Bertambah 3 di PPU

Untuk antisipasi over kapasitas RSUD Ratu Aji Putri Botung

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara, dr. Arnold Wayong menungkapkan, pasien kasus konfirmasi positif COVID-19 kembali bertambah, kali ini ada tiga pasien tambahan dinyatakan yang hasil swabnya positif.

“Kami baru saja mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dimana PPU kembali mendapatkan tiga pasien kasus konfirmasi positif baru dengan kode PPU 68, PPU 69 dan PPU 70, ” ujar Arnold kepada IDN Times, Jumat (28/8/2020) di Penajam.

1. PPU 68 bekerja di salah satu perusahaan kelapa sawit di Kecamatan Waru

RS Pratama Sepaku Difungsikan, Positif COVID-19 Bertambah 3 di PPU(Pasien COVID-19) Dok. IDN Times/Humas RSUD Klungkung

Dibeberkannya, PPU 68 berjenis kelamin laki-laki usia 30 tahun tinggal di Desa Sesulu, Kecamatan Waru. Ia melakukan tes usap PCR sebagai syarat untuk kembali bekerja setelah menjalani cuti. Ternyata hasilnya konfirmasi positif COVID-19.

PPU 68 selama ini bekerja di salah satu perusahaan kelapa sawit di daerah Kecamatan Waru. Arnold menjelaskan pasien kini menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan tim surveilans kesehatan.

“Pasien ini melaksanakan swab sebagai persyaratan kembali bekerja di perusahaan perkebunan tersebut setelah beberapa waktu cuti. Hasilnya uji sampel swab milik PPU 68 tersebut dinyatakan konfirmasi positif, namun tanpa menunjukan gejala atau asimtomatik karena sistem imun tubuhnya kuat,” tegasnya.

Baca Juga: Ibu Hamil di Penajam Paser Utara Terkonfirmasi Positif COVID-19

2. PPU 69 dirawat di RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja dengan hasil swab positif

RS Pratama Sepaku Difungsikan, Positif COVID-19 Bertambah 3 di PPURSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara itu, PPU 69 adalah seorang perempuan (67) beralamat di Desa Semoi 2, Kecamatan Sepaku. Pasien dirawat di RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti, Samboja.

"Sedangkan PPU 70 laki-laki (40) tinggal di Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam. Melakukan swab, serta dirawat di RS Panglima Sebaya, Grogot, Kabupaten Paser karena bekerja di daerah Paser," katanya.

3. Total konfirmasi COVID-19 kini sebanyak 71 kasus

RS Pratama Sepaku Difungsikan, Positif COVID-19 Bertambah 3 di PPUIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dengan bertambah tiga kasus tersebut maka total konfirmasi COVID-19 di PPU kini sebanyak 71 kasus, dengan perincian 33 pasien menjalani perawatan, konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh sebanyak 34 orang, sementara empat pasien positif meninggal.

“Sedangkan untuk jumlah kasus probable total sebanyak 185 kasus. Kemudian kami juga mendata jumlah kasus suspek terdapat tambahan 28 hari ini. Sehingga total ada 770 orang, dimana 172 diantaranya melakukan isolasi mandiri dan tujuh meninggal dunia dengan komorbid. Lalu kasus discarded COVID-19 di PPU total mencapai 334 kasus,” urainya.

4. RS Pratama menjadi tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala

RS Pratama Sepaku Difungsikan, Positif COVID-19 Bertambah 3 di PPURS. Pratama Sepaku (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Pemkab PPU kini telah memfungsikan RS Pratama di Kecamatan Sepaku sebagai tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala namun tidak memiliki ruang isolasi mandiri di rumahnya.

Selain itu RS Pratama juga disiapkan untuk mengantisipasi jika ruang isolasi di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU over kapasitas.     

Berdasarkan data pihaknya, dari 33 pasien konfirmasi yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD PPU, RS Kota Balikpapan, Samboja Kukar dan Kabupaten Paser sebanyak 15 orang, sedangkan 18 pasien melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya karena tanpa gejala.

“Tetapi ada beberapa pasien isolasi mandiri tidak memiliki tempat sendiri, sehingga pasien tersebut kami isolasi di RS Pratama Sepaku tentu dengan pengawasan tim kesehatan COVID-19 PPU. Saat ini baru ada satu pasien yakni PPU 64 menjalani isolasi di RS tersebut menyusul jika ada pasien lainnya,” pungkas Arnold.  

Baca Juga: Lima Guru Terpapar COVID-19, Ini Tanggapan PGRI Penajam Paser Utara

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya