Sambut Ramadan, Polres PPU Memantau Pasokan BBM di SPBU

Ketersediaan pangan juga menjadi perhatian

Penajam, IDN Times - Polres Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) memantau pasokan bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) setempat. Khususnya jelang datangnya bulan suci Ramadan 1444 Hijriah. 

Kali ini, pihak kepolisian memantau ketahanan pasokan BBM di SPBU Jalan Provinsi Km 9 Kelurahan Nipah-Nipah Penajam, Selasa (21/03/2023). 

“Bersama Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian (Diskukmperindag)  PPU dan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, melaksanakan monitor  di SPBU wilayah Penajam,” kata Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan melalui Kasat Reskrim Polres PPU AKP Dian Kusnawan, Rabu (22/3/2023).

1. Jamin stok BBM selama Ramadhan

Sambut Ramadan, Polres PPU Memantau Pasokan BBM di SPBUPolres PPU dan instansi terkait lakukan pengecekan BBM di salah satu SPBU di Penajam sumber foto Humas Polres PPU(IDN Times/Ervan)

Dian mengatakan, pemantauan tersebut dimaksudkan untuk memastikan pasokan BBM selama bulan Ramadan di SPBU PPU. Baik BBM subsidi jenis Pertalite maupun non subsidi jenis Pertamax, Pertadex, dan lainnya. 

Kegiatan pengecekan dilaksanakan sekaligus patroli rutin oleh personel Polres PPU bersama dengan instansi lain. Selain itu, juga untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) PPU. 

“Sehingga situasi daerah tetap aman, juga mencatat jumlah persediaan atau stok BBM di SPBU​ yang disambangi,” jelasnya.

Baca Juga: DKP PPU Uji Pangan di Pasar Tradisional Jelang Bulan Ramadan

2. Juga mengantisipasi keterlambatan pasokan

Sambut Ramadan, Polres PPU Memantau Pasokan BBM di SPBUSPBU Pertamina. (IDN Times/Dhana Kencana)

Ia menambahkan, aparat pun mengecek kelancaran pasokan BBM PPU. Keterlambatan pasokan BBM berpotensi jadi pemicu gangguan Kamtibmas setempat. 

“Dari hasil pengecekan di SPBU di KM 09 Kecamatan Penajam itu stok BBM dalam keadaan aman dan stabil. Tidak ada keterlambatan pengiriman dari Pertamina, jadi stoknya masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Dian.

3. Satgas Ketahanan Pangan juga cek Pasar

Sambut Ramadan, Polres PPU Memantau Pasokan BBM di SPBUKegiatan patroli anggota Polres PPU di Pasar Induk Penajam PPU, Selasa (21/3/2023). (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara itu, gabungan aparat tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan juga memantau ketersediaan bahan pangan di Pasar Induk Penajam dan pasar lainnya.

Diterangkannya, kegiatan yang dilakukan pihaknya itu guna mengetahui kondisi pangan  bagi rumah tangga. Tercermin ketersediaan pangan baik dari sisi kuantitas, kualitas, sekaligus penyebarannya di masyarakat. 

“Ada tiga pilar ketahanan pangan, yakni ketersediaan, terjangkau baik secara fisik maupun ekonomi, dan stabilitas yang harus tersedia dan terjangkau setiap saat dan setiap tempat dalam hal ini di PPU,” pungkasnya.

Baca Juga: Ratusan Hektare Lahan Pertanian di Babulu PPU Gagal Panen

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya