Satu Perawat di Penajam Paser Utara Positif COVID-19

Bertambah tiga pasien terkonfirmasi positif dan satu sembuh 

Penajam, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Arnold Wayong mengatakan baru-baru lalu pihaknya telah melakukan pemeriksaan swab RT-PCR terhadap 13 orang warga PPU. Pada Selasa (21/7/2020) hasil pemeriksaan diterima, tiga orang pasien dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 dan satu pasien positif sembuh. Salah satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 adalah seorang perawat.

“Memasuki hari ke-123, Rabu (22/7/2020) kemarin masa pandemik COVID-19 di Kabupaten PPU, ada tambahan satu orang pasien positif dinyatakan sembuh. Namun ada juga penambahan pasien baru dan dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah tiga orang,” ujar Arnold kepada IDN Times, Kamis (23/7/2020) di Penajam.     

Baca Juga: Dalam Sehari 3 Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Meninggal Dunia

1. Satu orang sembuh PPU 24 yang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung

Satu Perawat di Penajam Paser Utara Positif COVID-19Jubir COVID-19 PPU, dr. Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

“Satu orang yang dinyatakan sembuh tersebut adalah pasien berkode PPU 24 yang telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU sejak 5 Juli lalu," kata Arnold.

Pasien sembuh PPU 24 ini, laki-laki dengan usia 32 tahun tinggal di Kelurahan Gunung Steleng, Kecamatan Penajam. Pasien tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG) dengan riwayat perjalanan dari Kabupaten Berau dan merupakan pekerja tambang batu bara.

Ia menjelaskan, dengan penambahan tiga pasien yakni PPU 26,PPU 27, dan PPU 28 saat ini terdapat empat orang pasien positif COVID-19. Tiga pasien baru ini dirawat di RSUD RAPB.

Sementara, satu pasien positif yang telah dirawat sebelumnya yakni PPU 25, laki-laki usia 30 tahun. Ia adalah karyawan perusahaan migas yang dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). Pasien ini ber-KTP PPU tetapi sudah dua bulan ini pasien beserta keluarganya pindah ke Balikpapan.

2. PPU 26 merupakan perawat di RSUD PPU dengan hasil swab positif

Satu Perawat di Penajam Paser Utara Positif COVID-19Jubir Gugas COVID-19 PPU, dr Arnold Wayong ketika menyampaikan siaran persnya didampingi direktur RSUD PPU dan pasien sembuh (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold menjelaskan, “Untuk pasien dengan kode PPU 26 berjenis kelamin laki-laki, usia 45 tahun, tinggal di BTN Km 4, Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam merupakan perawat di RSUD PPU. Ia menjadi ODP dan berobat ke tempatnya bekerja pada 8 Juli kemarin dengan keluhan demam, mual, pusing dan tenggorokan gatal serta hasil rapid testnya reaktif, sehingga menjalani isolasi mandiri di mess PKK. Kemudian setelah hasil swab positif pasien di isolasi di RSUD PPU,” tukasnya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk pasien PPU 27 merupakan warga Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur berjenis kelamin laki-laki, umur 20 tahun. Pasien ini berdomisili di Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu sejak tahun 2018.

“PPU 27 sebelumnya ditetapkan sebagai OTG, berencana kembali Kediri, dimana sebelumnya memiliki riwayat pemeriksaan rapid test di Puskesmas Sebakung Jaya, Babulu pada 11 Juli dengan hasil reaktif, kemudian dilakukan pengambilan swab di RSUD PPU pada 14 dan 15 Juli dengan hasil positif. PPU 27 sebelumnya melakukan karantina mandiri di rumahnya, tetapi kini telah diisolasi di RSUD PPU,” jelas Arnold.

3. PPU 28 merupakan pekerja pembangunan pabrik

Satu Perawat di Penajam Paser Utara Positif COVID-19RSUD RAPB PPU (IDN Times/ Istimewa)

Kemudian, untuk pasien PPU 28 adalah warga ber-KTP Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatra Utara dan berjenis kelamin laki-Laki, umur 34 tahun. Ia merupakan pekerja pembangunan pabrik kelapa sawit yang tinggal di mess perusahaan Desa Rintik, Kecamatan Babulu.

“PPU 28 statusnya adalah OTG berencana pulang kampung ke Kabupaten Simalungun, tetapi riwayat pemeriksaan rapid test di Klinik Dio Ratu, Petung, PPU, pada 14 Juli hasilnya reaktif. Kemudian dilakukan pengambilan swab di Rumah Sakit Siloam Balikpapan pada 15 Juli dengan hasil positif. PPU 28 sebelumnya melakukan karantina mandiri di rusunawa sejak 16 Juli, karena positif dipindahkan ke ruang isolasi di RSUD PPU,” tukasnya.

Ketiga pasien terkonfirmasi positif ini, ungkapnya, tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, pihaknya akan melakukan tracing terhadap keluarga dan kerabat termasuk orang-orang yang kontak erat dengan tiga pasien tersebut.   

"Dengan sembuhnya pasien 24 dan bertambahnya tiga pasien positif, maka data per Rabu kemarin jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten PPU tetap 28 orang dengan rincian 24 orang dinyatakan sembuh, dengan angka kesembuhan 85,71 persen. Empat masih dalam pengobatan serta perawatan. Sementara itu, masih ada satu PDP jalani perawatan menunggu hasil swab,” tutupnya.

Baca Juga: Satu Pekerja Tambang Pertamina di Penajam Paser Utara Positif Corona

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya