Tahun Depan Upacara HUT Kemerdekaan RI akan Digelar di IKN Nusantara

Istana negara rencananya akan langsung ditempati

Penajam, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo optimis Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 2024 mendatang sudah bisa digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden meninjau lokasi pembangunan Istana Negara RI berlokasi di Sepaku Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). 

“Jadi ini kawasan ini adalah kawasan Istana Kepresidenan, saya optimis tahun depan bulan Agustus insya Allah sudah bisa upacara di sini di Istana Presiden IKN,” ujar Jokowi kepada awak media.

1. Optimis 2024 insya Allah selesai

Tahun Depan Upacara HUT Kemerdekaan RI akan Digelar di IKN NusantaraPrinsip kedua pembangunan IKN adalah Bhinneka Tunggal Ika. (Dok. IKN)

Jokowi yakin pembangunan Istana Negara sudah mampu diselesaikan pada tahun 2024 mendatang. Keyakinannya berdasarkan laporan dari perancang, pelaksana lapangan, supervisi lapangan, hingga manajer lapangan. 

“Semua hal dalam proses pembangunan di IKN dilakukan oleh anak bangsa. Yang jelas ini dari desain pembuatan hingga dari pembangunan semuanya oleh kita sendiri, putra putri bangsa terbaik Indonesia. Bedanya itu dengan istana negara yang ada," ujar Jokowi.

Saat bangunan fisik ini sudah diselesaikan, Jokowi meminta agar Istana Negara ditempati sekaligus difungsikan. Termasuk pula pembangunan kantor kementerian dan lembaga tinggi negara lainnya. 

Tujuan utamanya untuk menghidupkan roda perekonomian IKN. “Maka itu perlu sekolah rumah sakit, klinik perlu internet mal dan lain-lain,” sebutnya. Terkait investor, sambungnya, pasti sangat tertarik mereka untuk berinvestasi karena ditawarkan suasana yang berbeda.

Baca Juga: Pasutri Kompak Edarkan Sabu hingga Diamankan Polres PPU

2. Investor ditawarkan suasana yang berbeda

Tahun Depan Upacara HUT Kemerdekaan RI akan Digelar di IKN NusantaraPresiden Joko Widodo meninjau Proyek Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN), Segmen 3B, Ruas KKT Kariangau – Sp. Tempadung, Kota Balikpapan pada Rabu, 22 Februari 2023. Foto: BPMI Setpres

Pemerintah menekankan agar masyarakat tidak ada yang dirugikan dalam pembangunan IKN. Komitmen yang disampaikan presiden kepada Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe. 

Pemerintah menyiapkan sejumlah opsi agar masyarakat tak harus dirugikan karena pembebasan lahan di IKN. Oleh sebab itu, ada beberapa opsi yang nanti ditawarkan, baik ganti rugi, ganti untung atau juga relokasi di tempat lain.

“Saya kira ada beberapa opsi-opsi, pilihan-pilihan sehingga masyarakat harus tidak merasa dirugikan," papar Jokowi.

3. Komitmen terhadap lingkungan itu dimulai dari sini

Tahun Depan Upacara HUT Kemerdekaan RI akan Digelar di IKN NusantaraPresiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya kepada awak media usai meninjau langsung Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 23 Februari 2023. Foto: BPMI Setpres

Sebelumnya, Jokowi pun mengunjungi Persemaian Mentawir yang dibangun untuk mendukung penghijauan IKN dan Pulau Kalimantan. Persemaian Mentawir juga merupakan wujud dimulainya komitmen pemerintah Indonesia terhadap lingkungan

“Ini konsep besarnya, komitmen kita terhadap lingkungan itu dimulai dari sini,” ujar Presiden.

Persemaian Mentawir mampu memproduksi kurang lebih 20 juta bibit endemik di Kalimantan. Pemerintah memilih pelbagai jenis endemik Kalimantan yang sebagian di antaranya sudah dinyatakan langka. 

“Sehingga kawasan Ibu Kota Nusantara yang sebelumnya adalah kawasan yang hanya monokultur satu tanaman, satu pohon yaitu eucalyptus, nanti akan diisi dengan tanaman-tanaman yang disemaikan di sini, yang dibibitkan di sini,” ungkap Jokowi. 

4. Dukung penghijauan kembali Pulau Kalimantan

Tahun Depan Upacara HUT Kemerdekaan RI akan Digelar di IKN NusantaraPresiden Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau kawasan IKN yang berkontur pegunungan. (IDN Times/ Istimewa)

Persemaian Mentawir juga mendukung penghijauan kembali Pulau Kalimantan. Mulai dari kawasan reklamasi bekas tambang hingga lahan-lahan kritis yang ada.

“Mau tidak mau harus dihutankan kembali. Kuncinya memang ada di pembibitan, persemaian,” ucap Presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa Persemaian Mentawir akan mendukung konsep lingkungan yang diusung IKN. Presiden ingin agar konsep lingkungan dapat dihadirkan melalui Persemaian Mentawir.

“Bukan hanya green city tapi betul-betul suasana itu terasa,” ujarnya.

Baca Juga: Pengetesan Pangan Segar Tumbuhan di PPU, Ini Hasilnya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya