Tiga Hari Hilang, Warga Waru PPU Ditemukan Selamat

Ditemukan tanpa busana di area kebun sawit

Penajam, IDN Times -Warga RT 24 Kelurahan Waru, Kecamatan Waru, Penajam Paser Utara, ditemukan setelah dikabarkan hilang selama tiga hari. Warga bernama Rahmadi (55) itu ditemukan oleh seorang pekerja kebun kelapa sawit, Jumat (12/2/2021) sekitar pukul 15.00 Wita.

"Alhamdulillah, akhirnya korban bisa kita temukan setelah selama tiga hari menghilang di areal perkebunan kelapa sawit milik warga arah PT Waru Kaltim Plantation (WKP) Km 9," ujar Kasubid Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Helena Lin Legi kepada IDN Times di lokasi penemuan, Jumat.

Baca Juga: Hamili Remaja 15 Tahun di PPU, Buruh Kebun Diringkus Polisi

1. Tim gabungan menyisir lokasi selama lima jam tanpa hasil

Tiga Hari Hilang, Warga Waru PPU Ditemukan SelamatTim gabungan pencarian korban terdiri dari TNI, POLRI, BPBD, Keluarga, anggota Koppad Borneo PPU dan Banser melakukan koordinasi, Jumat 12/2/2021 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sebelumnya, tim gabungan dari Koramil Waru, Polsek Waru, BPBD, organisasi adat dari Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak (Koppad) Borneo, Banser serta masyarakat menyisir lokasi perkebunan. Namun penyisiran pertama selama lima jam berakhir tanpa hasil.

Tim gabungan yang mengumumkan kabar orang hilang kepada warga yang melintas kemudian mendapatkan laporan yang jadi titik terang.

"Kami mendapatkan informasi dari seorang warga, bahwa ada laki-laki yang memiliki ciri-ciri sama dengan korban, sedang tertidur di bawah pohon kelapa sawit. Kami langsung menuju lokasi dimaksud dan benar ternyata orang tersebut adalah korban," kata Helena.

2. Rahmadi ditemukan tidur tanpa mengenakan busana

Tiga Hari Hilang, Warga Waru PPU Ditemukan SelamatTim gabungan pencarian korban di lokasi pertama korban diketahui keberadaannya (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Helena menyebut Rahmadi ditemukan tanpa mengenakan pakaian. Dia tidur beralaskan semak-semak di bawah pohon kelapa sawit warga. Pihak keluarga langsung memakaikan celana dan baju saat dia ditemukan. Dari keluarga pula diketahui bahwa Rahmadi punya riwayat penyakit.

"Dari keterangan kerabat korban, Rahmadi menderita penyakit malaria tropika dan ketika kambuh kerap mengamuk dan pergi menyendiri," ucapnya.

Rahmadi, kata Helena, langsung dievakuasi ke rumah kerabatnya sebelum dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. "Dengan telah ditemukan korban, maka operasi pencarian korban sejak hari ini kami nyatakan ditutup," kata Helena.

3. Rahmadi meninggalkan rumah sejak Rabu

Tiga Hari Hilang, Warga Waru PPU Ditemukan SelamatKerabat korban hilang, Riski mengenakan pakaian dan masker serba hitam ketika bersama tim penyelamat Koppad Borneo PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Kerabat Rahmadi bernama Riski menyatakan pihak keluarga merasa senang karena adik sepupunya itu ditemukan dalam keadaan selamat. Rahmadi disebut pergi meninggalkan rumah pada Selasa 9 Februari 2021, sekitar pukul 22.00. Sebelum pergi, dia tidak menunjukkan gelagat aneh.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Polsek, Koramil, BPBD, Koppad Borneo dan Banser termasuk bapak Soborahmanto yang pertama kali menemukan adik kami," kata dia.

Kapolsek Waru, Iptu Singgih menyatakan saat ini kondisi korban dalam keadaan stabil dan telah mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Waru.

"Kami berharap semoga korban dalam keadaan sehat setelah mendapatkan pengobatan dari Puskesmas tersebut, sehingga bisa dipulangkan setelah diobati. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu mencari korban," kata Singgih.

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di PPU Bertambah 24, Satu Pasien Meninggal

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya