Tiga Perawat RSUD Penajam Paser Utara Terkonfirmasi COVID-19

Kini ada empat nakes konfirmasi positif

Penajam, IDN Times -Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU, dr. Arnold Wayong mengatakan, Selasa dan Rabu ini PPU mendapatkan tambahan empat kasus konfirmasi positif COVID-19 baru.

Tiga orang pasien merupakan perawat yang merupakan tenaga kesehatan (nakes) di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Satu pasien lainnya adalah anggota keluarga perawat.

“Adapun ketiga perawat tersebut, yakni pasien berkode PPU 30, PPU 31 dan PPU 32, selain itu satu kasusnya berkode PPU 33 merupakan kerabat atau ibu mertua dari perawat yang lebih dulu terkonfirmasi positif dengan kode PPU 25. Jadi saat ini sudah ada empat nakes yang dinyatakan positif,” beber Arnold kepada IDN Times, Kamis (6/8/2020) di Penajam.

1. Empat kasus merupakan kontak erat dengan PPU 25 yang merupakan perawat di IGD RSUD PPU

Tiga Perawat RSUD Penajam Paser Utara Terkonfirmasi COVID-19Jubir Satgas penanganan COVID-19 PPU, dr Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, lanjutnya, tiga pasien perawat terkonfirmasi positif tersebut kontak erat dengan PPU 25 yang merupakan rekan kerja mereka di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU. Sementara PPU 25 sempat merawat PPU 33 karena sakit. PPU 33 belakangan baru diketahui juga terkonfirmasi positif COVID-19.   

“PPU 30  adalah perempuan berumur 26 tahun dan tinggal di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam. Lalu PPU 31 seorang laki-laki usai 30 tahun berdomisili di Kelurahan Waru, Kecamatan Waru. Kedua pasien ini melaksanakan rapid test dengan hasil reaktif pada Kamis (23/7/2020) dan langsung uji sampel swab. hasilnya diketahui positif pada Selasa (4/8/2020) kemarin,” ujar Arnold.

Baca Juga: Belum Ada Kasus Meninggal di PPU Akibat COVID-19

2. Tiga perawat terkonfirmasi adalah bagian dari 54 nakes yang dikarantina

Tiga Perawat RSUD Penajam Paser Utara Terkonfirmasi COVID-19Salah satu lorong di RSUD RAPB PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Kemudian, lanjutnya,  pasien PPU 32 adalah perempuan umur  36 tahun berdomisili di perumahan BTN Km 4 Nenang, kecamatan Penajam sedangkan PPU 33 ibu mertua dari PPU 25 berusia 58 tahun juga tinggal di perum BTN Km 4 Nenang, keduanya melaksanakan rapid test dan uji sampel swab pada Kamis 23 Juli 2020 dengan hasil  diketahui positif pada Rabu (5/8/2020) kemarin.   

“Tiga perawat ini adalah bagian dari 54 nakes di RSUD PPU yang melaksanakan karantina di Wisma PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang bersama-sama menjalani rapid test dan swab. Dimana hasil rapid test PPU 30 serta 31 adalah reaktif, sementara PPU 32 nonreaktif. Tetapi swab tiga nakes itu dinyatakan positif. Sedangkan PPU 33 kondisinya memang sudah ada gejala, hasilnya positif,” ungkapnya.

Sementara ini, tambah Arnold, baru tiga nakes yang dinyatakan positif sedangkan 51 orang lainnya belum diketahui hasil swabnya. Ia berharap agar tak ada lagi penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 dari kalangan nakes. Selain itu, Arnold juga membeberkan hasil pemeriksaan swab istri dan anak dari PPU 25 dinyatakan negatif.

3. Pasien konfirmasi positif PPU kini jadi sembilan kasus

Tiga Perawat RSUD Penajam Paser Utara Terkonfirmasi COVID-19RSUD RAPB PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold menjelaskan, jumlah kasus konfirmasi yang saat ini menjalani isolasi sebanyak sembilan kasus.

“Dengan bertambahnya jumlah empat konfirmasi positif COVID-19 ini, maka total kasus konfirmasi positif menjadi sembilan kasus. Delapan dirawat di RSUD PPU dan hanya satu pasien dengan kode PPU 26 yang masih dirawat  di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan,” sebut Arnold.

Baca Juga: Satu Perawat Positif, 54 Nakes RSUD di Penajam Paser Utara Dikarantina

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya