Tingkatkan Kewirausahaan, Diskominfo PPU dan Telkomsel Gelar Workshop 

Kemajuan ekonomi kreatif perlu kerja sama

Penajam, IDN Times - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar worshop Digital Entrepreneurship Building Capacity Pengembangan Desa Digital dan Ekonomi Kreatif. Workshop digelar bersama Telkomsel dan Desa Bangun Mulya di Kecamatan ini untuk meningkatkan kapasitas kewirausahaan masyarakat. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid di gedung serba guna Desa Bangun Mulya dan diikuti perwakilan kelurahan dan desa se PPU.

“Pembangunan ekonomi desa berbasis digital dan ekonomi kreatif ini, tentunya juga dapat mempengaruhi sektor perekonomian daerah, oleh karena itu,  menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut,” ucap Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso ketika membuka kegiatan secara virtual, Rabu (06/07/2022).

1. Berharap berikan kemampuan baru bagi para pelaku usaha di desa

Tingkatkan Kewirausahaan, Diskominfo PPU dan Telkomsel Gelar Workshop workshop Digital Entrepreneurship Building Capacity Pengembangan Desa Digital dan Ekonomi Kreatif di PPU (IDN Times/Ervan)

Ia berharap, dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan kemampuan baru bagi para pelaku usaha di desa dalam memperkenalkan dan memasarkan produknya melalui teknologi digital.

“Selain itu, apa yang dilakukan pemerintah Desa Bangun Mulya saat ini, merupakan bagian kecil dari proses panjang untuk membangun entrepreneur dalam sektor UMKM yang tangguh dan mandiri,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten PPU, juga sangat berterima kasih kepada pemerintah desa Bangun Mulya yang terus menerus berupaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, melalui kegiatan yang memunculkan kreativitas desa di bidang UMKM.

Baca Juga: Harga TBS Kelapa Sawit Terjun Bebas, Petani PPU "Menjerit"

2. Saat ini Desa Bangun Mulya memiliki jumlah SDM handal dan tinggi

Tingkatkan Kewirausahaan, Diskominfo PPU dan Telkomsel Gelar Workshop Kadis Kominfo PPU, Budi Santoso saat membuka kegiatan workshop Digital secara virtual (IDN Times/Ervan)

Budi mengatakan, Desa Bangun Mulya memiliki jumlah SDM handal dan tinggi dengan tingkat kreativitas tradisional dan modern. Sehingga nilai tiap-tiap kreativitas dapatdikembangkan di berbagai sektor. 

Ia menambahkan, untuk mendukung kemajuan ekonomi kreatif dan desa digital itu, perlu adanya kerja sama dengan berbagai pihak di sektor-sektor terkait, seperti halnya sekarang dilakukan  kerja sama dengan Telkomsel dan Diskominfo PPU.

“Hal itu agar upaya kita untuk mengenalkan dan mempublikasikan entrepreneur, dalam ekonomi kreatif di lingkup desa dapat berjalan dengan baik dan dapat dikenal secara luas melalui media informasi yang begitu banyak saat ini,” sebutnya.

Budi berpesan, agar seluruh peserta kegiatan tersebut untuk terus belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang ekonomi digital,  serta selalu mengobarkan semangat pantang mundur, semangat belajar dan semangat kemandirian.

“Juga solidaritas sesama entrepreneur yang dibangun di lingkup desa, agar dapat tumbuh berkembang untuk meraih kesejahteraan yang dicita-citakan,” tegasnya. 

3. Telkomsel miliki kewajiban dukung pembangunan sumber daya di PPU

Tingkatkan Kewirausahaan, Diskominfo PPU dan Telkomsel Gelar Workshop Kepala Desa Bangun Mulya, Waru PPU Sudono (IDN Times/Ervan)

Pada kesempatan sama, General Manager Consumer Sales Telkomsel Regional Kalimantan Muharlis menjelaskan, Telkomsel memiliki kewajiban untuk mendukung pembangunan sumber daya termasuk di wilayah PPU.

“Kami memiliki kewajiban untuk mendukung pembangunan di Indonesia termasuk di Kabupaten PPU ini,” terangnya. 

Senada dengannya, Kepala Desa Bangun Mulya, Sudono menyebutkan, hingga kini Telkomsel telah memberikan bantuan sebesar Rp31,9 juta untuk Desa Bangun Mulya dalam rangka membangun SDM masyarakat desanya.

“Anggaran tersebut kami alokasikan untuk kegiatan pelatihan pada pagi hari ini dan menambah perlengkapan sarana dari Kelompok Batik Tulis Sekar Buen dan peningkatan perbaikan aparat desa,” pungkasnya.

Baca Juga: Dana Desa di PPU Dialokasikan Sebesar Rp64,2 Miliar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya