Titik Pembangunan IKN di Penajam Masih Dirahasiakan 

Pembangunan IKN pertahankan kehijauan

Penajam, IDN Times - Hingga kini titik rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) masih rahasia. Meskipun begitu, tahapan pemindahan secara bertahap sudah dilakukan pemerintah. 

"Terkait lokasi atau titik pembangunan IKN memang masih dirahasiakan. Tetapi sebagai keseriusan pemerintah, tahapan demi tahapan pembangunan pemindahan Ibu kota negara itu terus dilakukan oleh pemerintah pusat  sampai saat ini. Salah satunya melalui kegiatan kunjungan kerja hari ini," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten (Setkab) PPU Muliadi kepada awak media disela-sela kunjungan rombongan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar, Sabtu (3/4/2021). 

1. Penataan IKN di Kabupaten PPU benar-benar sesuai konsep yang direncanakan

Titik Pembangunan IKN di Penajam Masih Dirahasiakan Nagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

Muliadi mengatakan, konsep awal pembangunan IKN dengan tetap memberdayakan penghijauan lingkungan PPU. Pemerintah daerah mendukung sepenuhnya langkah KLHK dalam memantau proses penghijauan ada di kabupaten ini. 

"Kabupaten PPU selalu mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Khususnya terkait penataan konsep IKN yang baru ini di wilayahnya," ujarnya.

Seperti dilakukan menteri saat ini, memantau langsung penataan penghijauan  hutan lokasi IKN di khususnya di area PPU.

Baca Juga: Terkendala Pasokan, Vaksinasi COVID-19 di Penajam Tertunda

2. Menteri LHK, tinjauan titik nol kilometer bakal lokasi IKN di Kecamatan Sepaku

Titik Pembangunan IKN di Penajam Masih Dirahasiakan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar bersama rombongan saat melihat peta kawasan calon IKN baru (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, rombongan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor meninjau titik nol kilometer lokasi IKN di Kecamatan Sepaku PPU. Terlihat pula Dandim 0913 PPU, Letkol Dharmawan Setyo Nugroho, Kapolres PPU, AKBP Hendrik Hermawan, dan sejumlah pejabat Pemkab PPU.

Menteri LHK melalui Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Arifin Rudiyanto menyatakan, rombongan memang sengaja memantau penghijauan di lokasi IKN. Ini ada kaitannya dengan progres rencana pemindahan IKN ke PPU. 

Pemerintah sejak awal komitmen pembangunan IKN dengan tetap mengedepankan konsep hijau. Dengan tidak mengganggu sistem keanekaragaman hayati lingkungan PPU. 

3. Pemerintah bangun IKN baru dengan konsep grand smart city

Titik Pembangunan IKN di Penajam Masih Dirahasiakan Miniatur desain ibu kota negara baru yang berhasil terpilih. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pembangunan IKN menganut konsep grand smart city  berwawasan kota hijau. 

Sehubungan itu, KLHK datang untuk mengetahui kondisi sebenarnya ada di lokasi IKN berada di wilayah PPU. Mereka hendak memastikan agar benar-benar sesuai konsep grand smart city kota hijau. 

Kementerian pun berkomitmen menanami kembali suatu kawasan bila dianggap tidak sesuai dengan konsep sudah disepakati. 

“Apabila ada kawasan hutan yang rusak atau bolong-bolong, kami akan lakukan penanaman kembali. Perkembangan kawasan IKN akan terus dipantau seiring pemindahan ibu kota negara di sini," ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Teror, Polisi dan Tentara di Penajam Siaga Satu

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya