Warga Adat di PPU agar Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah

Musa kembali pimpin LAP PPU

Penajam, IDN Times - Pembentukan organisasi Lembaga Adat Paser (LAP) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) diharapkan  memberikan makna dan kontribusi terhadap pembangunan daerah.  Terutama dalam mencetuskan program-program yang baru bagi kepentingan daerah. 

Sebagai salah satu organisasi sosial kedaerahan berbasis kebudayaan, LAP diminta tidak terhenti dalam proses pembentukan, tetapi lebih jauh dari itu. 

"Hendaknya pembentukan organisasi ini dapat memberikan makna dan kontribusi yang berarti terhadap akselerasi pembangunan daerah ini dengan program-programnya yang baru,” kata Plt Bupati PPU Hamdan saat pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) LAP PPU periode 2021-2026 di rumah adat Paser Kuta Rekan Tatau Penajam, Rabu (23/2/2022).

Hadir dalam acara ini, Sultan Paser Aji Muhammad Jarnawi, Sri Paduka Baginda Maharaja Kutai Mulawarman Maharaja Srinala Praditha Lansyahrechza, dan sejumlah tokoh masyarakat lain.

1. LAP dapat jadi mitra sekaligus penguat sinergitas dalam rangka membangun

Warga Adat di PPU agar Berkontribusi dalam Pembangunan DaerahPlt Bupati Penajam Paser Utara. Ir. H. Hamdam (IDN Times/Ervan)

Hamdan menjelaskan, sebagaimana pembentukan organisasi-organisasi yang lain, pembentukan dan pengukuhan DPD LAP PPU ini memiliki makna yang penting dan strategis. Diharapkan DPD LAP dapat menjadi mitra sekaligus penguat sinergitas dalam rangka membangun dan mengembangkan daerah ke arah yang lebih maju seperti dicita-citakan bersama.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten PPU, saya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua Lembaga Adat Paser, para sesepuh, pembimbing dan jajaran pengurus sehingga pengukuhan DPD LAP di Kabupaten PPU ini dapat terbentuk dan dikukuhkan secara resmi,” kata Hamdam.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Riko-Pemaluan di PPU, Terkendala DIPA Kemen PUPR 

2. Merupakan bagian penguatan nilai-nilai kebudayaan adat istiadat harus terus dilestarikan

Warga Adat di PPU agar Berkontribusi dalam Pembangunan DaerahTokoh dan pejabat undangan yang hadiri di pelantikan LAP Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dalam penguatan nilai-nilai luhur kebudayaan dan adat istiadat menjadi salah satu kearifan lokal yang harus terus dilestarikan serta menjadi salah satu identitas daerah di Kabupaten PPU. 

“Terpenting, seiring dengan dikukuhkannya  DPD LAP, semakin kuat dalam menumbuhkan komitmen sebagai bagian dari masyarakat. Untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri dan organisasi agar dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat PPU,” tuturnya.

Ia yakin akan kontribusi DPD LAP di masa mendatang. 

"Sekali lagi, selamat kepada pengurus yang baru, selamat berkarya dalam menjalankan tugas guna memberikan kemajuan di berbagai perkembangan pembangunan sosial, kemasyarakatan, keagamaan dan kebudayaan di Kabupaten PPU,” pintanya.

3. Pengurus DPD LAP diharapkan dapat bersatu padu dengan masyarakat PPU

Warga Adat di PPU agar Berkontribusi dalam Pembangunan DaerahKetua DPD LAP PPU periode 2021-2026, Musa (IDN Times/Ervan)

Sementara Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LAP Kaltim Zulkifli mengatakan, pengurus LAP PPU diharapkan dapat bersatu padu dengan masyarakat. Selain itu LAP diharapkan juga dapat mendukung seluruh kegiatan Pemerintah Kabupaten PPU ke depannya.

“Termasuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Plt Bupati PPU,  diharapkan bisa kita support demi kemajuan daerah kita Kabupaten PPU ke depan. Silakan kembangkan kreativitas kita masing-masing untuk ke arah yang lebih baik lagi,“ pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu DPD LAP PPU menggelar musyawarah daerah pemilihan pengurus periode 2021-2026. Terpilih Ketua LAP PPU Musa untuk kedua kalinya dan posisi sekretaris dijabat Nerham.  

Baca Juga: Tiga Kecamatan di PPU Zona Merah Covid-19

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya