Warga Toraja Sotek - Sepan Penajam Paser Utara Dukung Pemindahan IKN 

Perlu peningkatan SDM sebelum menjadi warga IKN

Penajam, IDN Times - Sektor Kelurahan Sotek dan Kelurahan Sepan, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur menyatakan mendukung penuh pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kecamatan Sepaku. Mereka tergabung dalam Ikatan Keluarga Toraja (IKAT).

“Komitmen warga Toraja dan organisasi IKAT terhadap keberadaan IKN adalah kami mendukung penuh pemerintah untuk menjaga keamanan dan kelancaran pembangunan IKN di Sepaku, PPU,” ujar ketua IKAT Sotek-Sepan Agustina kepada IDN Times, Minggu (8/1/2022) di Penajam.

1. Pupuk persatuan

Warga Toraja Sotek - Sepan Penajam Paser Utara Dukung Pemindahan IKN Ketua IKAT Sotek - Sepan PPU (IDN Times/Ervan)

Agustina yang baru saja dikukuhkan menjadi Ketua IKAT periode 2021-2024 ini menyatakan dukungannya. Hal itu akan diaplikasikan dengan cara terus mengarahkan seluruh anggota IKAT untuk memupuk persatuan.

“Lalu bersikap saling tolong menolong dan membangun satu sama lain menuju masyarakat yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tuturnya.

2. Peningkatan SDM jadi warga IKN

Warga Toraja Sotek - Sepan Penajam Paser Utara Dukung Pemindahan IKN Nagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

Masyarakat IKAT berharap, lanjutnya,  adanya pelatihan-pendidikan kerja guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di PPU. Sehingga mereka dapat dilibatkan dalam pembangunan, termasuk juga dalam rangka menghadapi pindahnya IKN kelak.

“Kami berharap masyarakat adat di PPU memiliki kesempatan yang cukup untuk ikut andil berkarya atau bekerja untuk kemajuan daerah setelah IKN ada kelak. Oleh karena itu peningkatan SDM sangat perlu dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga: Sambut IKN, Masyarakat PPU Wacanakan Pemekaran Kecamatan 

3. Perlu pemekaran kecamatan

Warga Toraja Sotek - Sepan Penajam Paser Utara Dukung Pemindahan IKN Presiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Terkait dengan adanya wacana pemekaran Kecamatan di Kecamatan Penajam, tambah Agustina, masyarakat IKAT sangat mendukung wacana itu dan berharap segera terwujud. Sehingga masyarakat lebih dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan birokrasi. Pasalnya jarak tempuh ke kantor Kecamatan Penajam cukup jauh meskipun saat ini jalan sudah baik.    

“Masyarakat IKAT sangat mendukung wacana itu, demi untuk mempermudah dan melancarkan pelayanan birokrasi pemerintahan terhadap masyarakat. Khususnya yang berdomisili di Sotek, Sepan, Buluminung, Bukit Subur dan Riko,” sebutnya.

4. Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung

Warga Toraja Sotek - Sepan Penajam Paser Utara Dukung Pemindahan IKN Salah satu kesenian masyarakat adat Toraja yang dikembangkan IKAT (IDN Times/Ervan)

Sementara itu sehubungan dengan pelestarian budaya adat Toraja, lanjut Agustin, saat ini pihaknya masih terus berupaya mengembangkan budaya itu. Terutama dalam hal kesenian kepada anak usia sekolah di wilayah Sotek dan Sepan. Namun pihaknya tetap berpegangan teguh dengan peribahasa “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” yakni menghargai serta menghormati adat istiadat suku asli dan lainnya di PPU. 

“Pengembangan kesenian adat Toraja sebagai bentuk pelestarian budaya kami, meskipun saat ini kami jauh dari kesempurnaan, tetapi kami tetap majukan budaya Toraja. Setidaknya dapat mengobati kerinduan kami yang kini berada  di tanah rantau,” ujarnya.      

Dia menegaskan masyarakat IKAT selalu siap bersinergi dengan organisasi kemasyarakatan lainnya demi kemajuan dan kemakmuran bersama dalam rangkaian Bhineka Tunggal Ika.

“Kami sebagai masyarakat IKAT siap bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan lain memajukan daerah demi kemakmuran bersama. Termasuk mendukung pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan di daerah,” pungkasnya.

Baca Juga: Hujan Deras, Tiga Wilayah di Kawasan IKN PPU Terendam Banjir

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya