7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Peluang yang menjanjikan

Barangkali sudah tidak asing bagimu mendengar istilah Revolusi Industri 4.0. Sebuah perubahan besar yang identik dengan istilah Internet of Things, Big Data, Cloud Computing, dan Mechine Learning. Tujuan dari "Industri 4.0" adalah untuk memproduksi barang dengan lebih mudah, cepat, dan murah.

Beberapa hal yang dulu sempat begitu sulit, sekarang jadi lebih mudah diproses. Hal ini memunculkan berbagai profesi baru, sebagai bentuk penyesuaian kebutuhan perusahaan dan para startup yang mulai berkembang pesat.

Beberapa di antaranya adalah profesi yang cenderung membutuhkan kreativitas manusia untuk bersaing dan membuat inovasi baru. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang jadi peluang besar di era Revolusi Industri 4.0.

1. Aplikasi Developer

7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0unsplash.com/Timothy Buck

App Developer bertugas membangun atau mengembangkan software dengan memakai bahasa pemrogaman. Perbedaan dengan web programmer adalah produknya berupa aplikasi yang biasanya kita download di smartphone. Seorang App Developer dituntut buat paham tentang algoritma dan logika pemograman seperti menguasai HTML, Ruby, Java,, dan lain sebagainya.

2. Web Developer

7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0unsplash.com/Tim van der Kuip

Untuk memasarkan produknya, mau tidak mau perusahaan harus memanfaatkan segala hal termasuk dalam hal ini mencakup ranah digital untuk memperluas jangkauan pemasaran. Setiap perusahaan butuh alamat daring berupa website untuk lebih menjangkau konsumen.

Sehingga, peran web developer cukup penting sebagai pembuat aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Untuk menjadi seorang Web Developer kamu butuh mempelajari front-end, back-end developer, HTML, CSS, dan lain-lain.

3. Content Creator

7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0unsplash.com/Jay Wennington

Seorang content creator dapat berasal dari berbagai profesi atau bidang ahli yang berbeda. Namun mereka harus memiliki softskill seperti daya kreativitas dan kemampuan komunikasi yang tinggi untuk dapat menghasilkan karya dan berkompetisi dengan yang lain. Mereka memproduksi berbagai konten menarik yang memiliki kekuatan besar untuk mempengaruhi banyak orang. 

Bukan hal mudah untuk menjadi content creator, namun jika kamu punya bakat dan mau belajar; pekerjaan ini jadi peluang besar di era Revolusi Industri 4.0.

4. Content Writer dan Copywriter

dm-player
7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0unsplash.com/Kaitlyn Baker

Profesi Content Writer bertugas untuk membuat konten untuk disampaikan pada konsumen melalui tulisan. Sama-sama berbentuk tulisan, namun Copywriter cenderung dibuat untuk promosi atau iklan sebuah produk agar konsumen tertarik dengan produk yang dipasarkan.

Keduanya memiliki andil yang besar di era digital saat ini, profesi ini semakin dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin memasarkan produknya menggunakan jasa promosi dalam bentuk digital.

Baca Juga: 7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuan

5. Spesialis Media Sosial

7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0unsplash.com/Tim Bennett

Hampir setiap orang saat ini memiliki media sosial, itulah yang dimanfaatkan perusahaan sebagai promosi dan mendapatkan konsumen melalui media sosial. Tren iklan yang dulunya menggunakan media televisi, sekarang sudah bergeser melalui media sosial. Sebagai pemasaran atau branding satu produk, dibutuhkan Spesialis Media Sosial yang bertanggungjawab atas konten dan menganalisa feedback dari warganet.

6. SEO (Search Engine Optimization) Spesialist

7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0unsplash.com/Diggity Marketing

SEO Specialist bertanggungjawab untuk selalu update terhadap perkembangan informasi mengenai algoritma Google yang terus menerus diperbarui. Inilah alasan kenapa profesi SEO menjadi penting, terutama bagi perusahaan yang memanfaatkan kanal digital sebagai pemasaran mereka. 

Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengoptimalkan website sehingga mampu berada pada posisi teratas di halaman pertama Google. Keahlian ini masih langka, namun justru itu yang membuat mereka yang berprofesi SEO Spesialist dibayar mahal oleh perusahaan yang menggunakan jasanya.

7. Manajer Pemasaran Digital

7 Peluang Profesi Baru di Era Revolusi Industri 4.0unsplash.com/Square

Di dunia digital yang sangat pesat, butuh manajer yang menguasai SEO, Strategi Media Sosial, sampai Content Digital dengan efektif. Mereka bertugas untuk meningkatkan promosi kanal digital seperti Google, Media Sosial, Email, Website dan lain-lain. Seorang Manager Media Sosial juga butuh kemampuan selalu update terhadap apa yang menjadi tren untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan pasar. 

Itulah tadi beberapa profesi baru yang hadir di tengah perkembangan era Revolusi Industri 4.0. Tertarik untuk menekuni salah satu di bidang keahlian di atas?

Baca Juga: 5 Profesi Ini Jarang Terekspos Padahal Berjasa Banget!

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya