Comscore Tracker

Cuma Ada di Balikpapan, Nikmatnya Sate Kuin Abdhu 

Banyak dicari untuk oleh-oleh

Balikpapan, IDN Times - Sate adalah salah satu menu kuliner yang sudah dikenal luas karena rasanya yang khas dan enak. Di Indonesia, mudah sekali menemukan sate di berbagai daerah, termasuk di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). 

Selama ini kita terbiasa dengan kuliner sate madura atau sate ponorogo yang sudah banyak dikenal karena kelezatannya. Atau sate padang yang rasanya tak kalah nikmatnya. Tapi di Balikpapan, ada satu menu sate khas racikan keluarga dari Suku Banjar.

Warung Kuin Abdhu selama ini dikenal dengan soto banjarnya. Padahal, mereka punya menu sate yang tak kalah nikmat. Sebenarnya nama menu ini tak terlalu istimewa, biasanya disebut sate ayam, tak ada nama khusus.

Tapi rasanya ternyata berbeda dari sate ayam kebanyakan. 

Pegawai Kuin Abdhu Gunung Sari Ilir Rita mengungkapkan, bahan bumbu kacang sate Kuin Abdhu tidak menggunakan ketumbar seperti sate lainnya. Sehingga rasanya lebih ringan dan tak terlalu berempah, namun tetap enak dengan kacang dan kecap. 

1. Kerap dijadikan oleh-oleh dari Balikpapan

Cuma Ada di Balikpapan, Nikmatnya Sate Kuin Abdhu Dibanderol dengan harga Rp18.000, sate ayam Kuin Abdhu hanya ada di Balikpapan. (IDN Times/ Fatmawati)

Sebenarnya menu ini sudah ada sejak lama. Tapi karena soto banjar Kuin Abdhu sudah banyak dikenal, maka tak banyak yang membahas sate ayam mereka. Penggemarnya bahkan lebih banyak orang luar kota dibanding lokal Balikpapan.

"Banyak juga yang menjadikan sate ini oleh-oleh. Waktu itu ada juga yang dari Surabaya, ke sini beli sate. Katanya buat oleh-oleh keluarganya," kata Rita. 

Memang, penikmat sate ayam Kuin Abdhu lebih banyak adalah orang-orang luar Balikpapan. Ada juga orang Samarinda yang menyempatkan mampir hanya untuk mencoba sate ayam di sana. Sering juga dari kabupaten/ kota lain.

Selain tanpa ketumbar, bumbu kacang mereka juga menggunakan cabai kering. Untuk ayam yang digunakan juga sudah diungkep bumbu sebelum dibakar. Jadi rasanya empuk dan tidak terlalu kering.

Rasa sate Kuin Abdhu cenderung manis dan terasa bumbu kacangnya. Cocok dimakan bersama lontong.

"Tapi banyak juga yang beli bumbunya untuk dimakan sama singkong atau untuk acara keluarga," jelasnya. 

Menurutnya, sate Kuin Abdhu juga bisa dibeli bumbunya saja. Biasanya pada hari raya, banyak juga pelanggan yang memesan bumbu di sana. Bumbu ini bisa dimakan dengan buras atau singkong. 

Baca Juga: Asyik, Iuran BPJS untuk Kelas 3 di Balikpapan akan Gratis 

2. Resep turun-temurun dari keluarga

Cuma Ada di Balikpapan, Nikmatnya Sate Kuin Abdhu Sate ayam Kuin Abdhu, resep turun-temurun keluarga. (IDN Times/ Fatmawati)

Kuin Abdhu ada di dua lokasi, yaitu di Jalan Ahmad Yani Gunung Sari dan Jalan MT Haryono Damai. Menurut Rita, untuk menu sate di Gunung Sari menggunakan campuran daging dan kulit ayam. Sementara di Damai lebih banyak menggunakan daging. 

Sate Kuin Abdhu asal mulanya adalah resep keluarga. Abdullah, pemilik, menggunakan resep ini yang ternyata berasal dari kerabatnya di Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng). 

"Sate ini sebenarnya bukan khas Banjar. Jadi resepnya dari paman bos yang ada di Palangkaraya," terangnya.

Itulah mengapa bumbu kacang sate mereka berbeda. Karena resep ini digunakan turun temurun di keluarga.

"Alhamdulillah, yang memang sudah tahu rasanya banyak yang cari," katanya.

Sebenarnya biasanya orang datang ke Kuin Abdhu untuk mencari soto banjar. Tapi setelah tahu ada menu sate, banyak juga yang penasaran dan ingin mencoba. Itulah mengapa lama-kelamaan banyak juga yang tahu menu tersebut dan diminati. 

3. Jangan lupa rasakan juga soto banjar Kuin Abdhu yang segar

Cuma Ada di Balikpapan, Nikmatnya Sate Kuin Abdhu Soto banjar santan (instagram.com/noonagoround)

Kuin Abdhu memang terkenal dengan soto banjar nya yang enak. Rasanya asli khas Banjar dengan kuah kental dan gurih. Harga sate maupun soto banjar mereka sama, yakni Rp18.000 per porsi. 

Tapi, untuk soto sudah termasuk dengan lontong, sedangkan untuk sate belum termasuk. Seporsi sate terdiri dari 10 tusuk. 

Untuk soto banjar mereka, cukup banyak dikenal. Rasanya segar dan biasanya disajikan dengan kecap asin, sambal dan jeruk nipis. Soto banjar sangat menggugah selera karena kuahnya yang creamy dan gurih.

Sudah menjadi rahasia umum soto banjar di sini rasanya paling familiar dan enak. Kuahnya segar, disajikan dengan irisan kentang goreng, menambah kaya rasanya yang aduhai. 

Baca Juga: Kebakaran Tengah Malam, Tiga Rumah di Balikpapan Ludes Terbakar

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya