Jokowi Sambangi IKN, Sebut Infrastruktur Mulai Dikebut

Gunakan KRI Escolar 871, lewati jalur logistik IKN

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melanjutkan kunjungannya ke Kalimantan Timur (Kaltim). Sempat membagikan bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan subsidi upah (BSU) di Balikpapan, ia pun langsung mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menumpang KRI Escolar 871, Selasa (25/10/2022). 

Berangkat dari Pelabuhan Semayang Balikpapan hingga tiba di Pelabuhan Cita Sabut, Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara (PPU). 

Dalam perjalanan tersebut, Jokowi, sapaan Presiden Joko Widodo, dan rombongan berlayar di bawah perlintasan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dan IKN.

Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

1. Klaim pembangunan infrastruktur sudah dimulai di IKN

Jokowi Sambangi IKN, Sebut Infrastruktur Mulai DikebutPresiden Jokowi meninjau IKN di Kalimantan Timur (25/10/2022). (Sekretariat Presiden)

Dalam tinjauannya di kawasan IKN, Jokowi memonitoring pembangunan infrastruktur IKN. "Beberapa progres infrastruktur seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta akses jalan berjalan dengan baik," ungkapnya. 

Menurutnya, secara keseluruhan pembangunan mulai dari pengolahan lanskap untuk kementerian, gedung wakil presiden, gedung presiden, dan lainnya sudah terlihat progresnya.

"Sudah saya lihat dalam proses persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik," ungkapnya. 

Ia juga menuturkan, progres secara keseluruhan dapat terlihat pada bulan Januari mendatang. "Nanti bisa kita lihat Januari lah, kira-kira. Insya Allah kalau bukan hanya gedung-gedungnya pemerintah, tapi sektor swasta, dan lainnya sudah pada masuk dan mulai," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Serahkan BLT dan BSU untuk 200 Warga Balikpapan

2. Rombongan presiden lewati jalur logistik IKN

Jokowi Sambangi IKN, Sebut Infrastruktur Mulai DikebutPresiden di atas KRI Escolar menuju IKN. (Sekretariat Presiden)

Ia menyebut, progres pusat perekonomian baru juga akan terlihat. Sehingga diharapkan pembangunan wilayah IKN dapat terus berjalan dengan baik. "Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak," tuturnya. 

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke IKN melewati jalur laut yang akan menjadi wilayah transportasi logistik ke IKN. Presiden menyebut bahwa pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik.

"Sementara kita pakai dulu untuk logistik dan nantinya, menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik," tuturnya. 

Presiden yang melihat berbagai progres tersebut mengaku cukup optimis, bahwa di upacara peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang dapat digelar di IKN. "Ya kalau kerjanya seperti ini saya kira insya Allah bisa, harus optimistis," ujarnya.

3. Presiden mampir di Pasar Klandasan dan bagikan bantuan subsidi di Kantor Pos Balikpapan

Jokowi Sambangi IKN, Sebut Infrastruktur Mulai DikebutSebelum menyambangi IKN, Presiden Joko Widodo membagikan bantuan subsidi di Kantor Pos Balikpapan (25/10/2022). (Sekretariat Presiden)

Untuk diketahui, sebelum bertandang ke IKN, Presiden Jokowi juga menyambangi Pasar Klandasan di Balikpapan. Orang nomor satu di Indonesia ini menyapa masyarakat dan para pedagang.

Di sana ia sempat membagikan sejumlah kebutuhan pokok. 

Usai mampir di Pasar Klandasan, ia pun menuju Kantor Pos Balikpapan untuk membagikan bantuan langsung tunai dan bantuan subsidi upah kepada 200 warga. 

Dalam kesempatan itu, ia menyatakan bahwa hingga saat ini bantuan subsidi upah yang sudah tersalurkan mencapai 72 persen. "Semoga bermanfaat dan akan kita kabut penyelesaiannya agar daya beli dan pertumbuhan ekonomi terjaga," tutupnya. 

Baca Juga: AGM Ditempatkan di Ruang Isolasi Lapas Kelas IIA Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya