Ternyata Begini Cara Investasi Aman di Era Digital

Tingkatkan literasi keuangan untuk pertumbuhan ekonomi

Balikpapan, IDN Times - Literasi keuangan kini makin penting untuk ditingkatkan, guna mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama pascapandemik COVID-19. Hal ini dilakukan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) bersama KoinWorks sebagai aplikasi layanan keuangan yang juga merupakan salah satu mitra distribusi (midis) Penjualan Surat Berharga Negara (SBN).

Untuk diketahui, keduanya kembali memasarkan Sukuk Ritel (SR) 017 mulai 19 Agustus hingga 14 September 2022. Sejalan dengan hal tersebut, KoinWorks bersama Kemenkeu RI mengadakan acara Financial Diary Talk di Balikpapan.

"Salah satunya bertujuan untuk mensosialisasikan Investasi Sukuk Ritel (SR) 017 Pilihan Berharga, Kuatkan Bangsa," ungkap Kepala Seksi Perencanaan Transaksi dan Pengembangan Instrumen SBSN Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu RI, Iqbal Balative, usai kegiatan di Hotel Novotel Balikpapan, Jumat (3/9/2022). 

1. Ajak berinvestasi pada SR017, salah satu jenis SBN

Ternyata Begini Cara Investasi Aman di Era DigitalSeksi Perencanaan Transaksi dan Pengembangan Instrumen SBSN Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu RI, Iqbal Balative (IDN Times/Fatmawati)

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan literasi keuangan, guna mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk saat ini, literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 38,03 persen, menurut laporan Otoritas Jasa Keuangan pada 2019. Sementara literasi keuangan syariah hanya mencapai 20,1 persen menurut laporan Bank Indonesia pada 2021. 

Melalui acara ini, KoinWorks dan Kemenkeu RI ingin mengenalkan sekaligus mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi pada SR017. Sebagai salah satu jenis SBN, hasil investasi SR017 akan digunakan untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia. 

Iqbal juga menyebut, SR017 merupakan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. "Imbal hasil 5,9 persen per tahun dengan tipe kupon fixed rate yang ditawarkan pada SR017 ini terbilang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan rata-rata suku bunga deposito bank di Indonesia.” jelasnya.

Baca Juga: Iming-iming Mainan, Seorang Remaja di Samarinda Cabuli Anak 5 Tahun

2. Sesuai untuk investor dengan semua profil risiko

Ternyata Begini Cara Investasi Aman di Era DigitalIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal juga menjelaskan bahwa investasi SR017 ini cocok untuk semua profil risiko. Investor dengan profil risiko konservatif akan cocok karena SR017 tidak mempunyai risiko yang tinggi, sementara investor dengan profil risiko moderat dan agresif membutuhkan diversifikasi untuk mengurangi risiko investasi.

"Apalagi seiring dengan perekonomian global yang semakin membaik, kondisi ekonomi Indonesia juga semakin menguat.

Pemerintah menargetkan inflasi turun sebesar 3,3 persen dan pertumbuhan ekonomi naik sebesar 5,3% pada tahun 2023," sebutnya.

Dengan target tersebut, lanjut dia, pemerintah tentunya akan melakukan berbagai inisiatif yang perlu didukung. Ketika literasi keuangan sudah baik, perekonomian akan semakin tangguh dan perputaran uang akan semakin baik sehingga mendukung kemajuan ekonomi.

3. Investasi dapat dilakukan secara online

Ternyata Begini Cara Investasi Aman di Era DigitalWealth Product Marketing Manager KoinWorks, Mega Anjasmoro (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Wealth Product Marketing Manager KoinWorks, Mega Anjasmoro menyatakan, pihaknya berharap masyarakat semakin aware tentang investasi SBN, khususnya Sukuk Ritel, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif instrumen investasi menuju financial independence. 

“Sekarang, masyarakat yang berada di berbagai kota dapat memesan SR017 dengan mudah secara online melalui midis Kemenkeu RI, salah satunya KoinWorks. Cukup download aplikasi KoinWorks di PlayStore maupun AppStore, registrasi di akun personal KoinWorks," terangnya. 

Selanjutnya tinggal memilih menu KoinBond dan klik ‘Register Now’, masyarakat sudah bisa memesan SR017. Pembayarannya pun bisa melalui Tokopedia dan BukaLapak. Dengan Rp1 juta rupiah, masyarakat dapat berinvestasi sekaligus berkontribusi untuk negara.

4. Diharapkan bisa meningkatkan investor di Kaltim

Ternyata Begini Cara Investasi Aman di Era DigitalKoinWorks

Ia juga mengingatkan, KoinWorks menyediakan promo cashback cash hingga Rp3 juta dan cashback koin sebesar 20 persen bagi yang membeli SR017 melalui produk KoinBond di aplikasi KoinWorks. 

Selain itu, bekerja sama dengan Tokopedia, untuk setiap pembayaran SR017 melalui platform tersebut, KoinWorks dan Tokopedia menyediakan cashback Gopay KOIN sebesar Rp10 ribu.

"Kami juga berharap dapat membantu meningkatkan pertumbuhan jumlah investor muda di Balikpapan dan di seluruh Kalimantan Timur," tandas Mega. 

Baca Juga: Pria di Berau ini Tega Cabuli Balita Berusia 2 Tahun

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya