Ini yang Menjadikan Jalanan Kota Banjarmasin Nyaman Dilintasi

DLH Banjarmasin ingin miliki alat USG pohon

Banjarmasin, IDN Times - Sepanjang jalanan Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) banyak ditemui aneka ragam tanaman pepohonan. Ada yang kecil hingga berukuran besar yang berfungsi sebagai peneduh dan penyejuk udara kota secara alamiah. 

Meskipun terkadang pohon di kota ini kerap tumbang dan patah ketika diterpa angin kencang dan hujan. Berujung adanya kerugian dan kecelakaan dialami masyarakat. 

1. Pohon di perkotaan lebih banyak manfaatnya

Ini yang Menjadikan Jalanan Kota Banjarmasin Nyaman DilintasiIlustrasi pohon tumbang dan menimpa rumah. (Dok. BPBD Purbalingga)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love mengatakan, keberadaan pepohonan lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan mudaratnya. Pemerintah daerah sengaja menanam ribuan bibit pohon hingga sekarang ini tumbuh besar setelah bertahun-tahun. 

Ia mencatatkan, Kota Banjarmasin terdapat sebanyak 7.100 pohon yang tersebar di pelbagai sudut kota. Meskipun sebagian di antara pohon tersebut sudah cukup tua sehingga keberadaannya berpotensi membahayakan masyarakat. 

Pohon tua ini nantinya yang akan ditebang digantikan pohon baru. 

"Sekitar 7.100 pohon dengan ukuran mulai dari kecil berdiameter 5 cm sampai 90 cm membuat keteduhan Kota. Dengan banyak pohon, tentu ini telah banyak memberikan manfaat daripada mudaratnya. Kalau sudah tua akan kita tebang," ucapnya.

Baca Juga: Aniaya Lansia, Oknum Polresta Banjarmasin Terjerat Kasus Pidana

2. Banyak pohon yang tumbuh tak sempurna

Ini yang Menjadikan Jalanan Kota Banjarmasin Nyaman DilintasiPohon-pohon yang tertata rapi di siring sungai di Banjarmasin

Alive menyebutkan sebagian pohon tersebut memang rentan roboh. Pertumbuhan akarnya tidak sempurna yang membuat daya cengkeram akarnya kurang kuat. 

Hal tersebut yang membuat pohon tersebut gampang roboh saat diterpa angin kencang. 

Selain itu, DLH Banjarmasin akan memangkas dahan maupun ranting pohon yang dianggap terlalu berlebihan. Gampang patah sehingga menjatuhi para pengguna jalan. 

"Ada pohon yang masih bagus tapi akar tidak tumbuh sempurna. Pohon ini akan kita pangkas sehingga masih aman," tuturnya.

3. Pohon akan diasuransikan

Ini yang Menjadikan Jalanan Kota Banjarmasin Nyaman Dilintasiilustrasi agen asuransi (vecteezy.com/tapanakornkaow39714)

Karena persoalan ancaman bagi pengendara jalan ini, Alive berinisiatif akan mengasuransikan pohon-pohon di Banjarmasin. Khususnya yang secara resmi ditanam Pemkot Banjarmasin.

Asuransi nantinya diberikan sebagai santunan kepada setiap orang yang mengalami kemalangan tertimpa dahan pohon secara tidak sengaja. Baik untuk manusia, kendaraan, hingga bangunan rumah masyarakat. Kerja sama yang ditargetkan terealisasi pada akhir 2023 mendatang. 

"Untuk kenyamanan bersama, pohon milik kami akan diasuransikan. Dengan itu jika merugikan warga maka akan diberikan santunan dari asuransi itu," katanya.

4. Ingin miliki alat USG pohon

Ini yang Menjadikan Jalanan Kota Banjarmasin Nyaman DilintasiIlustrasi pohon-pohon produktif (Dok. Google Image)

Lebih lanjut, Alive juga berencana mengalokasikan anggaran pembelian alat USG guna mendeteksi kondisi kesehatan suatu pohon. Tujuannya, untuk mengetahui tingkat kemampuan atau ketahanan pohon itu sendiri.

Pembelian alat yang tidak murah, Rp300 juta untuk mengidentifikasi suatu pohon apakah sudah lapuk atau masih kuat. 

"Pohon yang lapuk akan segera ditebang. Namun adanya alat USG itu akan lebih sangat membantu soal bagaimana kondisi pohon. Kalau laporannya tebang, yang tebang asal nyaman," ucapnya.

Baca Juga: Tanpa Incenerator, Banjarmasin Dipusingkan Masalah Limbah Medis

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya