DPRD Luwu Timur Berkunjung ke Kutim Disambut Jamuan Makan Malam

Saling sharing soal pengelolaan dana CSR

Sangatta, IDN Times - Mewakili Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar yang berhalangan hadir, Wabup Kasmidi Bulang menerima kedatangan rombongan DPRD Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan yang langsung dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur Muhammad Sidiq dalam kegiatan malam ramah tamah sekaligus kunjungan kerja (kunker) di area Rumah Jabatan Wabup kawasan Bukit Pelangi, Kamis (13/6/2019) malam sekitar pukul 20.00 WITA.

Sejumlah undangan turut hadir seperti Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha, Asisten Pemkesra Suko Buono, Sekwan DPRD Kutim Suroto, sejumlah pejabat esselon II dan III Setkab Kutim, perwakilan stakeholder dari PT KPC, dan beberapa tokoh masyarakat.

1. Bahas pengelolaan CSR Kutim

DPRD Luwu Timur Berkunjung ke Kutim
Disambut Jamuan Makan MalamIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Dalam sambutan singkatnya, Wabup Kasmidi mengemukakan jika pertemuan ini akan membahas garis besar pengelolaan CSR Kutim yang sudah berpayung hukum sesuai Perda No 1 tentang penggunaan CSR. Di dalamnya terdapat semua stakeholder yang berpartisipasi dalam membantu program Pemkab Kutim terutama dalam hal pembangunan infrastruktur.

“DPRD Luwu Timur bisa melihat cara kerja operasional Pemkab Kutim dalam menggunakan CSR yang tepat sasaran. Kita membuat sekretariat CSR di dalamnya sudah terbentuk rapat Forum CSR menggenjot program seperti air bersih, listrik, maupun jalan. Di Ruang Tempudau, Jumat (14/6/2019) pagi ini, kami akan menjelaskan secara detail,” ucap Kasmidi.

2. Perda CSR tidak hanya kontribusi perusahaan, tambang namun ada juga sawit

DPRD Luwu Timur Berkunjung ke Kutim
Disambut Jamuan Makan Malamastra-agro.co.id

Perda CSR ini di dalamnya tidak hanya kontribusi perusahaan tambang namun ada juga sawit yang kini jumlahnya sekitar 200 perusahaan yang aktif.

“Selain minim club, per 6 bulan ada forum agrobisnis yang dilakukan oleh Forum CSR. Dalam hal ini, kami menekankan perusahaan wajib memberikan kontribusi dalam CSR dan feedback-nya perusahaan dapat membuat surat pertanggungjawaban (spj) dengan baik karena kekuatan payung hukum,” tambahnya.

3. Jamuan makan malam menurut Luwu Muhammad Sidiq begitu spesial

DPRD Luwu Timur Berkunjung ke Kutim
Disambut Jamuan Makan MalamIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Wakil Ketua I Kab Luwu Muhammad Sidiq dalam sambutannya merasa sangat tersanjung atas jamuan yang baru kali ini terasa spesial dibandingkan kunker ke daerah lain sebelumnya.

“Terima kasih untuk Pemkab Kutim yang sudah membuat malam ini begitu akrab lewat malam ramah tamah. Semoga kunker ini juga berbalas dengan Pemkab Kutim bertandang ke Luwu Timur,” paparnya.

Sidiq melanjutkan juga sepakat dengan apa yang dikatakan Wabup Kasmidi yaitu tentang pengelolaan CSR Kutim.

“Kami dan rombongan dari DPRD Luwu Timur ingin belajar bagaimana proses dana CSR yang dikelola Pemkab Kutim hasilnya bisa langsung dirasakan masyarakat. Momen ini kami akan manfaatkan,” jelasnya.

4. Sidiq menceritakan profil dan potensi wisata Luwu Timur

DPRD Luwu Timur Berkunjung ke Kutim
Disambut Jamuan Makan MalamIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Sebagai penutup, Sidiq juga bercerita tentang profil Luwu Timur dengan daerah PAD terbesar kedua setelah Makassar. Untuk APBD Luwu Timur mencapai Rp1,6 triliun. Kabupaten ini terdiri dari 11 Kecamatan dengan 122 Desa. Potensi wisatanya juga tak kalah dengan daerah lain, Luwu Timur punya hutan nan luas yang alami di dalamnya terdapat 4 danau didukung garis pantai sepanjang 167 Km.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya