Hari Pencoblosan Pemilu di Kutim Lancar

Masyarakat antusias, diharapkan tekan angka golput

Sangatta, IDN Times - Secara umum pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Rabu (17/4/2019) kemarin, berjalan lancar dan sukses tanpa kendala berarti. Dari laporan para camat dari 18 kecamatan kepada Bupati Kutim Ismunandar, pelaksanaan pemungutan suara di TPS (tempat pemungutan suara) lancar. Tak hanya di ibu kota Sangatta, tapi juga di pedalaman dan pesisir. Seperti contohnya kegiatan pencoblosan di Kecamatan Batu Ampar tampak lancar hingga usai pukul 13.00 Wita.

“Masyarakat datang ke TPS di lingkungannya masing-masing, mendaftar ke petugas TPS, tertib mengantre dan melakukan prosesi pencoblosan,” kata Camat Batu Ampar Yuriansyah.

1. Pemilu aman dan antusisme warga tinggi

Hari Pencoblosan Pemilu di Kutim LancarIDN Times/ Mela Hapsari

Begitu pula di Kecamatan Muara Wahau, sang camat Irang Ajang menyampaikan informasi kemarin bahwa pemilu di pedalaman sesuai pantauannya berlangsung aman. Antusiasme warga untuk memilih juga tinggi.

“Tua muda, ibu-ibu dan bapak-bapak serta pemilih pemula antusias datang ke TPS,” kata Irang mengenakan kemeja batik.

Di Kecamatan Busang yang terjauh dari ibu kota, pemilu juga lancar dan tertib hingga lewat tengah hari. Camat Busang Impung Anyeq yang mengenakan kemeja putih menyebut pemilu kali ini memang berbeda dari biasanya. Menurut dia, masyarakat lebih antusias karena langsung memilih presiden dan wapres, sekaligus DPD RI, DPR RI, DPRD Kaltim, serta DPRD Kutim. Laporan serupa turut disampaikan para camat yang ada di kecamatan pesisir Kutim.

2. Pemilu di Kutim dilaksanakan di di 971 TPS yang tersebar di 18 kecamatan

Hari Pencoblosan Pemilu di Kutim LancarIDN Times/Reza Iqbal

Senada Bupati Ismunandar sebelumnya juga menegaskan jalannya pemilu khususnya di Kutim sejauh ini lancar dan aman. Pesta demokrasi benar-benar berdaulat untuk menentukan presiden dan anggota legislatif perwakilan RI, provinsi, hingga level kabupaten/kota.

“Seluruh warga Kutim sudah antusias menyalurkan hak suaranya. Kita ingin tingkat golput di Kutim turun,” tuturnya.

Untuk diketahui, pencoblosan yang dilakukan 227.323 DPT (daftar pemilih tetap) di Kutim dilaksanakan di 971 TPS yang tersebar di 18 kecamatan.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya