PWI Kutim "Serap" Manfaat HPN 2019 di Surabaya

Digital percepat ekonomi kerakyatan

Surabaya, IDN Times - Untuk pertama kalinya sejak dilantik pada 5 Oktober 2017, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Kutai Timur (Kutim) menghadiri kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang tahun ini dipusatkan di Kota "Pahlawan" Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Kegiatan ini turut dihadiri beberapa staf kehumasan Pemkab Kutim.

1. Pers tidak terlepas dari perubahan digital

PWI Kutim Serap Manfaat HPN 2019 di SurabayaIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Gegap gempita pesta akbar untuk insan pers ini menjadi momen penting mengasah kemampuan jurnalistik. Khususnya pewarta di daerah dengan melihat langsung tren terkini pemberitaan. Di era digital yang mampu membangkitkan ekonomi kerakyatan.

“Temannya pers adalah digital, dua hal ini selalu berjalan bersamaan. Pers juga tidak terlepas dari perubahan digital, jadi perubahan digital ini tidak perlu kita takuti. Perubahan ini harus kita manfaatkan," kata Sekretaris PWI Kutim Syafranuddin, sesuai arahan Menkominfo Rudiantara saat sebelumnya membuka Pameran Karya Pers dan Teknologi Informasi di Grand City Exhibition, Kamis (7/2/2019).

2. Perkembangan dunia pers

PWI Kutim Serap Manfaat HPN 2019 di SurabayaANTARA News/Satyagraha

"Saat ini telah banyak perubahan yang dialami oleh industri pers di Indonesia. Dulu media pers didominasi oleh media cetak dan radio, namun kini perlahan menuju digitalisasi. Dengan melihat pameran pers ini, wartawan juga dapat melihat perkembangan pers di era digital. Selain itu, berbagai program kementerian, BUMN, UMKM dalam pengembangan ekonomi berbasis digital juga dipamerkan dalam acara ini,” ucap wartawan lokal berbasis online di Kutim itu.

3. Terselenggaranya HPN 2019 mampu meningkatkan kualitas SDM

PWI Kutim Serap Manfaat HPN 2019 di Surabayaniemanlab.org

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PWI Kutim Ibnu Djuraid mengutarakan
rombongan PWI Kutim berangkat ke Surabaya selain atas biaya sendiri, juga mendapat dukungan dari Bupati Kutim Ismunandar, PT Kaltim Prima Coal  (KPC) dan PT Pertamina Field Sangatta.

“Terima kasih untuk semua pihak-pihak yang telah membantu. Usia PWI Kutim memasuki 2 tahun. Kami berharap, dengan berbagai kegiatan di HPN Tahun 2019 yang diikuti PWI Kutim secara langsung, dapat meningkatkan kualitas SDM anggota PWI yang bertugas di Kutim. Apalagi selama di Surabaya juga menyempatkan melakukan pertemuan dengan banyak wartawan dan narasumber yang kaya pengalaman,” tutupnya.

Topic:

  • Ester Ajeng

Just For You