Pemerintah Pusat Belum Informasikan Seleksi P3K dan CPNS 2019

Kutim sedang butuh tenaga pendidikan dan kesehatan

Sangatta, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Zainuddin Aspan mengemukakan rencana tahun ini pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih belum pasti. Pasalnya belum ada informasi resmi terkait petunjuk teknis dari Kemenpan dan BKN.

"Seleksi P3K masih banyak kendala, sehingga petunjuk teknis dari Kemenpan dan BKN, belum ada. Jumlah kuota juga masih menunggu surat Kepala BKN,” terangnya

1. P3K didominasi sedang membutuhkan tenaga pendidikan dan kesehatan

BKD se-Indonesia kini sedang menanti proses pengangkatan P3K dan diharapkan tidak bersamaan dengan seleksi CPNS Formasi Tahun 2019. Ditanya formasi yang dibutuhkan Kutim untuk P3K, ia mengakui didominasi tenaga pendidikan dan kesehatan.

Dijelaskan Zai, dari 7.400 TK2D yang ada, sebagian besar TK2D di bidang pendidikan dan Kesehatan. Diharapkan dengan adanya P3K, jumlah TK2D semakin berkurang.

“Diharapkan setiap tahun ada 1.000 orang yang bisa terangkat, sehingga dalam lima tahun ke depan jumlah TK2D tinggal sedikit saja paling tidak sebanyak 2.000 orang,” bebernya.

2. BKD daerah menunggu keputusan pemerintah pusat

Rencana penerimaan CPNS Tahun 2019, ia belum mengetahui pasti karena masih dirumuskan jumlah dan biaya yang dibutuhkan. Sementara saat ini penerimaan negara masih minim, apakah tetap atau tidak dilakukan penerimaan CPNS.

“BKD daerah hanya menunggu saja keputusan pemerintah pusat, kalau dilakukan seleksi lagi tentu semua sudah siap karena sudah melaksanakan,” tutupnya.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya