Respons KLB Moeldoko, Ketum Demokrat AHY Gelar Konsolidasi Hari Ini

Konsolidasi Demokrat digelar pagi hingga malam

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat akan melakukan serangkaian kegiatan konsolidasi dalam merespons terpilihnya Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Konsolidasi akan dipimpin Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mulai pagi hingga malam hari ini, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga: SBY Disebut Guru Kudeta Sebenarnya di Partai Demokrat

1. Rangkaian kegiatan konsolidasi

Respons KLB Moeldoko, Ketum Demokrat AHY Gelar Konsolidasi Hari IniKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Partai Demokrat juga akan menerima kunjungan dan dukungan elemen masyarakat. Adapun kegiatan konsolidasi dilaksanakan mulai di DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi No 41, Jakarta Pusat.

Pukul 10.00 WIB, acara dimulai dengan agenda rapat pimpinan. Kemudian, pukul 16.00 WIB dilanjutkan agenda Rapat Pimpinan DPP Partai Demokrat dengan Ketua DPD seluruh Indonesia. Terakhir, pukul 19.00 WIB agenda Rapat Pimpinan Pimpinan DPP Partai Demokrat dengan Ketua DPD dan DPC seluruh Indonesia.

Partai Demokrat juga menyelenggarakan Mimbar Demokrasi pada pukul 14.00-17.00 WIB. Acara diisi elemen masyarakat yang memberikan dukungan kepada AHY selaku Ketua Umum Partai Demokrat yang sah.

2. Demokrat juga menyelenggarakan cap jempol darah untuk AHY

Respons KLB Moeldoko, Ketum Demokrat AHY Gelar Konsolidasi Hari IniPendiri Partai Demokrat Etty Manduapessy (tengah) didampingi para kader lainnya menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Endi Ahmad

Selain itu, DPD Partai Demokrat DKI Jakarta juga akan menyelenggarakan Cap Jempol Darah Loyal dan Setia Ketum AHY pagi ini. Acara akan dilangsungkan di Kantor DPD DKI Jakarta.

"Agenda cap jempol darah akan dihadiri oleh para fungsionaris DPD, DPC, dan simpatisan kader Demokrat," kata Bakomstra DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Taufik Rendusara kepada IDN Times, Minggu (7/3/2021).

Karena masih suasana pandemik, Taufik menjelaskan, acara akan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama pukul 09.00 WIB akan dihadiri DPC Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sesi kedua pukul 10.00 WIB dihadiri DPC Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, kemudian sesi ketiga pukul 11.00 WIB dihadiri DPC Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

"Kemarin di instruksi tidak ada jumlah pasti (peserta), kalau simpatisan kita gak bisa hitung. Untuk total peserta kira-kira 500 orang," jelas Taufik.

3. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat

Respons KLB Moeldoko, Ketum Demokrat AHY Gelar Konsolidasi Hari IniANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Kendati mengundang banyak orang, Taufik menjelaskan, protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. Pihaknya juga telah menyiapkan tenaga medis. Setelah acara cap jempol darah selesai, mereka akan bersama-sama menuju DPP Partai Demokrat.

"Ada 33 DPD se-Indonesia yang menunggu DPD Jakarta di DPP. Nanti bersama Ketum Demokrat AHY kami akan pasang spanduk (yang telah diberi cap jempol darah) di DPP Demokrat. Sementara, untuk masyarakat gak ada cap jempol darah. Masyarakat yang mendukung demokrasi di Indonesia silakan tanda tangan di spanduk tersebut," kata dia.

Taufik memastikan AHY akan hadir dalam acara tersebut. Sementara, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemungkinan tidak hadir.

"Kami akan minta maaf ke masyarakat dalam suasana COVID-19 seperti ini. Dengan adanya extra ordinary Kongres Luar Biasa di Sumatera Utara, kami harus lakukan aksi sebenarnya untuk menunjukkan pada masyarakat. Mohon doa restunya, apa yang dilakukan DPD Demokrat DKI Jakarta dalam rangka menyelamatkan demokrasi di Indonesia," katanya.

4. Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB Mandailing Natal

Respons KLB Moeldoko, Ketum Demokrat AHY Gelar Konsolidasi Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Hotel The Hill, Sibolangi, Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat, 5 Maret 2021. KLB ini terus berjalan meski sempat diwarnai bentrokan massa. 

Kongres dibuka pukul 14.44 WIB, tapi durasi kongres berlangsung singkat, kurang dari satu jam. Dua nama dicalonkan sebagai ketua umum. Mereka adalah Sekjen Partai Demokrat 2005-2010 Marzuki Alie dan Moeldoko.

Marzuki memilih mundur dari pencalonan ketua umum. Dengan demikian, Moeldoko terpilih secara aklamasi. Uniknya, mantan Panglima TNI itu justru tak hadir sejak awal hingga selesainya kongres. 

Sementara, Marzuki Ali ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. "Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, menetapkan Jenderal (Purn) DR Moeldoko sebagai Ketua Umum DPP Demokrat hasil kongres luar biasa periode 2021-2025," kata pimpinan sidang yang dibacakan Jhonny Allen.

Baca Juga: Memanas! DPD Demokrat DKI Akan Gelar Cap Jempol Darah untuk AHY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya