Daerah Penyangga IKN Harap Dibantu Pengembangan Kualitas SDM

Dukung pembangunan IKN dan berharap kualitas SDM meningkat

Penajam, IDN Times - Pemerintah pusat diharapkan membantu pengembangan sumber daya manusia (SDM) daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sehingga dapat menunjang ibu kota negara Indonesia baru itu.

"Peningkatan SDM lokal sangat penting untuk tunjang pembangunan dan perkembangan IKN Nusantara," ujar anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Syamsuddin Alie di Penajam seperti dilansir dari Antara pada Sabtu (30/7/2022).

1. Pembangunan IKN sudah dimulai

Daerah Penyangga IKN Harap Dibantu Pengembangan Kualitas SDMDesain pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Tahapan pembangunan IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, mulai dilaksanakan.

Pembangunan infrastruktur IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, yakni Kecamatan Sepaku harus sejalan dengan pembangunan SDM terutama masyarakat di daerah berjuluk "Benuo Taka" itu.

Pengembangan SDM bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara sangat penting agar nantinya tidak jauh tertinggal dengan warga pendatang dari daerah lainnya.

Baca Juga: Andi Arief Akui Terima Rp50 Juta di Kantong Kresek dari Bupati Penajam

2. Perlu anggaran untuk tingkatkan SDM

Daerah Penyangga IKN Harap Dibantu Pengembangan Kualitas SDMhttp://ryanrahmadi99.blogspot.com/2014/01/penduduk-dan-kualitas-sumber-daya.html

Menurut dia, dibutuhkan bantuan anggaran maupun program dari pemerintah pusat untuk peningkatan kualitas SDM lokal.

Diharapkan juga dengan pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur, membuka lebar peluang kerja bagi putra dan putri daerah.

Mayoritas warga Kabupaten Penajam Paser Utara mendukung pemindahan dan pembangunan ibu kota negara Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

3. Dukung pembangunan IKN

Daerah Penyangga IKN Harap Dibantu Pengembangan Kualitas SDMSejumlah alat berat membuka akses jalan di lokasi segmen tiga di kawasan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sejak awal dukungan terhadap pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara jelas dia, telah diberikan karena sesuai harapan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

Harapan masyarakat dengan pemindahan dan pembangunan ibu kota negara Indonesia tersebut dapat memberikan dampak positif terutama terhadap pertumbuhan ekonomi

"Sebagai warga, kami dukung dan kawal IKN Nusantara karena bawa dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah kabupaten," kata Syamsuddin Alie.

Baca Juga: Andi Arief Kembalikan Uang Rp50 Juta dari Eks Bupati Penajam ke KPK

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya