Comscore Tracker

Wagub Kaltim Positif Corona, Diduga Tertular dari Tamu Tak Bermasker

Pemprov kembali berlakukan pengetatan sosial

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi mengumumkan dirinya positif terjangkit virus corona atau COVID-19 pada Rabu (15/7/2020). Hadi meminta semua orang yang pernah bertemu dengannya seminggu terakhir, untuk memeriksakan kondisi kesehatan. 

"Yang bertemu saya dalam seminggu terakhir, sebaiknya tes rapid," kata Hadi, Rabu malam.

1. Jadwal pertemuan Wagub meningkat di fase relaksasi aturan Kota Samarinda

Wagub Kaltim Positif Corona, Diduga Tertular dari Tamu Tak BermaskerWakil Gubernur Hadi Mulyadi saat peninjauan lokasi banjir di Jalan Sejahtera 1, Kecamatan Sungai Pinang pada 26 Mei 2020 sore (Humas Pemprov Kaltim/Istimewa)

Melalui siaran pers tertulisnya pukul 19.30 WITA tadi, Kepala Biro Humas Pemprov Kaltim, M Syafranuddin, menjelaskan kepastian waktu dan tempat Hadi terpapar virus corona masih sulit diketahui. Lantaran Hadi cukup sering menerima tamu saat Kota Samarinda memasuki fase relaksasi aturan COVID-19.

“Tapi ada saja tamu yang pada saat berbicara tanpa sadar membuka masker,” terang Ivan, sapaan akrab M Syafranuddin.

2. Sebagian tamu disebut tak mengikuti protokol kesehatan

Wagub Kaltim Positif Corona, Diduga Tertular dari Tamu Tak BermaskerWakil Gubernur Hadi Mulyadi saat peninjauan lokasi banjir di Jalan Sejahtera 1, Kecamatan Sungai Pinang pada 26 Mei 2020 sore (Humas Pemprov Kaltim/Istimewa)

Lanjut Ivan, dalam kondisi tertentu para pejabat Pemprov Kaltim seperti gubernur dan wakilnya sulit untuk menghindari pertemuan tatap muka, terlebih jika permintaan itu datang dari masyarakat Bumi Etam. Sementara dalam pertemuan itu, Ivan mengatakan tak sedikit masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti tak memakai masker dan menjaga jarak.

“Jika begini serba salah, namun apa yang dialami wagub akan menjadi pelajaran kedepan,” imbuhnya.

Baca Juga: [BREAKING] Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi Positif COVID-19

3. Pemprov akan berlakukan kembali pengetatan protokol kesehatan

Wagub Kaltim Positif Corona, Diduga Tertular dari Tamu Tak BermaskerWakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi (IDN Times/Hilmansyah)

Apa yang dialami Hadi Mulyadi tentu menjadi pelajaran berharga bagi siapapun. Meski dikatakan kondisi Wagub Kaltim saat ini dalam keadaan baik, namun penularan virus corona ini juga membuktikan perilaku hidup bersih dan sehat belum tentu aman dari virus.

Kepada masyarakat, Pemprov Kaltim meminta maaf jika kedepannya mereka akan memperketat interaksi pejabat di ruang publik meski Samarinda masuk fase ketiga relaksasi.

“Mohon dimaklumi jangan diartikan pemerintah tidak mau melayani masyarakat, tapi semata-mata untuk mencegah penyebaran virus dan demi kesehatan bersama," pungkasnya.

Baca Juga: COVID-19 Kaltim Meroket, Wagub Hadi: Pusat Jangan Lambat Kirim Bantuan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya