Comscore Tracker

Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Pinjaman Rp475 Juta untuk UMKM

Mitra binaan Angkasa Pura I Balikpapan sebanyak 1.030 UMKM

Balikpapan, IDN Times - PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyalurkan pinjaman kemitraan tahap 2 sebesar Rp475 juta.

Airport  Administrasi  Senior Manager  PT Angkasa Pura I, Ida Bagus Ketut Juliadnyana mengatakan, "Hari ini kami menyalurkan pinjaman kemitraan 475 Juta, dari rata-rata penerimanya mitra lama yang secara disiplin menjalankan kewajibannya," ujarnya dalam siaran pers Selasa (28/7/2020)

1. Hindari penggunaan dana pinjaman untuk keperluan konsumtif

Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Pinjaman Rp475 Juta untuk UMKMPenyaluran bantuan kemitraan PT Angkasa Pura I Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan kepada UMKM (Dok. Humas Angkasa Pura I)

Ia menjelaskan, situasi pandemik virus corona atau COVID-19 memang tak mudah dilalui, namun ia berharap para pelaku UMKM serius untuk berusaha.

"Saya ingatkan kembali seperti penyaluran sebelumnya yang kami butuhkan keseriusan untuk berusaha, dalam masa pandemi saat ini secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh kepada dunia bisnis secara keseluruhan," kata Ida Bagus Ketut Juliadnyana.

Selain itu pinjaman kemitraan ini supaya dipergunakan oleh para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis dan tak terjebak penggunaan dana untuk keperluan konsumtif.

"Untuk perekonomian di Balikpapan khususnya, saya berharap UMKM bisa menjadi tulang punggung peningkatan nilai ekonomi, untuk itu dana ini agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya hindari penggunaan yang sifatnya komsumtif karena masa seperti ini kita harus fokus untuk modal usaha agar lebih meningkat," ungkapnya.

Baca Juga: Logistik Meningkat, Angkasa Pura I Sosialisasi Regulasi Kepabeanan

2. Total mitra binaan sebanyak 1.030 UMKM

Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Pinjaman Rp475 Juta untuk UMKMPemeriksaan dokumen penumpang di Bandara SAMS Sepinggan (IDN Times/Hilmansyah)

Penyaluran pinjaman kemitraan bagi para pelaku UMKM dilaksanakan di Kantor Administrasi PT Angkasa Pura I Balikpapan, dihadiri Airport Administrasi Senior Manager dan Stakeholder Relations serta para mitra binaan penerima program kemitraan.

"Semoga bantuan kemitraan Angkasa Pura I dapat dipergunakan memperkuat modal usaha hingga bisa berkembang dan berjalan lancar," tambah Ida Bagus Ketut Juliadnyana.

Untuk diketahui Angkasa Pura I Balikpapan selama tahun 2020 telah menyalurkan pinjaman kemitraan senilai Rp1.090.000.000. Sementara untuk penyaluran pinjaman kemitraan Tahap 3 akan disalurkan pada bulan September. Total mitra binaan Angkasa Pura I Balikpapan sebanyak 1.030 UMKM.

3. Pengusaha UMKM menggunakan dana pinjaman untuk mengembangkan bisnis

Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Pinjaman Rp475 Juta untuk UMKMilustrasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara itu, salah satu mitra binaan Angkasa Pura I Balikpapan yang menjalankan usaha toko sembako, Heriyani mengungkapkan rasa syukur mendapatkan bantuan pinjaman dari PT Angkasa Pura I.  

"Saya telah bermitra dengan PT Angkasa Pura I sudah 5 tahun dan saat ini kembali menerima pinjaman ringan dari program kemitraan sebanyak 50 Juta. Sangat membantu saya mengembangkan usaha," katanya.

Ia menambahkan, "Alhamdulillah saya bersyukur, rencananya bantuan ini akan saya pakai untuk membuka cabang baru lagi."

Baca Juga: Mudahkan Penumpang, Bandara SAMS Sepinggan Layani Rapid Test dan PCR

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya