Bandara SAMS Sepinggan Optimis Jumlah Penumpang Meningkat

Jumlah penumpang turun 50 persen dibandingkan tahun 2019

Balikpapan, IDN Times - Pandemik virus corona atau COVID-19 telah menurunkan jumlah penumpang di berbagai bandara termasuk Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. 

Barata Singgih Riwahono, General Manager Bandara SAMS Sepinggan menjelaskan, protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan di masa adaptasi kebiasaan baru ini untuk pelayanan penerbangan yang aman dan sehat diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang.

“Pada periode bulan Mei dan Agustus 2020 yakni masa adaptasi kebiasaan baru penumpang sudah menunjukkan kenaikan, yakni pada bulan Mei melayani 12.739 sedangkan bulan Agustus 219.115 penumpang, ini terjadi karena tingkat kepercayaan para pengguna jasa terus bertumbuh," katanya melalui rilis tertulis pada Kamis (24/9/2020).

1. Penumpang jauh meningkat dibandingkan masa awal pandemik COVID-19

Bandara SAMS Sepinggan Optimis Jumlah Penumpang MeningkatBandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Maulana)

Ia menjelaskan, pihaknya sebagai pengelola bandara harus senantiasa memperhatikan keamanan dan kesehatan apalagi pada saat pandemik COVID-19 sekarang ini.

Tercatat penumpang pada periode Agustus 2020 rata-rata melayani 7.068 penumpang, pesawat udara 84 pergerakan, dan sektor kargo 128.706 kilogram per hari. Berbanding dengan rata-rata pada saat awal pandemik April penumpang sebanyak 2.374, pesawat udara 43, dan sektor kargo 96.958 kilogram per hari.

Barata menjelaskan, “Upaya kami dalam meningkatkan kepercayaan para pengguna jasa salah satunya dengan mengadakan kampanye Safe and Healthy Travel bersama komunitas Bandara bertujuan untuk memberikan edukasi terkait protokol kesehatan di Bandara SAMS Sepinggan," katanya. 

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Gelar Kampanye Terbang Aman dan Sehat

2. Jumlah penumpang turun 50 persen dibandingkan tahun 2019

Bandara SAMS Sepinggan Optimis Jumlah Penumpang MeningkatIlustrasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Ia melanjutkan, "Serta mengajak masyarakat tidak takut untuk terbang lagi sebab selain protokol kesehatan yang harus dipenuhi, bandara secara rutin melakukan disinfeksi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, secara total selama delapan bulan, Januari hingga Agustus 2019 yang lalu penumpang sebanyak 3.561.488, pesawat udara 39.128 pergerakan dan sektor kargo 30.736.453 kilogram

Sementara data statistik 2020, penumpang turun 50,2% yaitu 1.774.895, pesawat udara turun 43,1% atau 22.258 pergerakan dan sektor kargo turun hingga 8.2% menjadi 27.057.856 Kilogram.

3. Protokol kesehatan dijalankan untuk mencegah penyebaran virus corona di bandara

Bandara SAMS Sepinggan Optimis Jumlah Penumpang Meningkatilustrasi pesawat di bandara (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara untuk jam operasional Bandara SAMS Sepinggan yakni pukul 06.00 - 18.00 Wita. Ia menjelaskan pihaknya menjalankan protokol kesehatan demi mencegah peyebaran virus corona.

“Kami memastikan penerapan physical distancing tetap terjaga, selain itu penumpang yang datang dan berangkat dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner ataupun thermo gun.”

Saat ini perusahaan penerbangan yang masih beroperasi di Bandara SAMS Sepinggan yakni Lion Air, Batik Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, serta penerbangan carter. Tujuan penerbangan favorit adalah ke Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih 4 Penghargaan ASQ Awards

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya