Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Keamanan Ramadan, Sambut Arus Mudik 

Supaya mudik makin aman dan nyaman

Balikpapan, IDN Times - Bandara menjadi gerbang pintu masuk dan keluar manusia dan barang, tentu selama bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijirah makin banyak orang menggunakan jasa bandara terutama untuk mudik saat hari raya. 

PT. Angkasa Pura I (Persero) melakukan Pemeriksaan Keamanan Rutin di lingkungan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Kamis (9/5) untuk meningkatkan jaminan keamanan para pengguna jasa Bandara.

1. Untuk keamanan dan kenyamanan saat mudik

Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Keamanan Ramadan, Sambut Arus Mudik Dok. Comm. SAMS Sepinggan AIrport

Pada Siaran Pers dari Communication SAMS Sepinggan Airport, Farid Indra Nugraha, General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan mengatakan, "Kegiatan ini kami laksanakan untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, melihat juga kondisi di bulan Ramadan kita harus meningkatkan keamanan sehingga pengguna jasa merasa nyaman pada saat mudik di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan," katanya.

Baca Juga: Jusuf Kalla: YIA Bandara Paling Modern di Indonesia

2. Pemeriksaan keamanan dilakukan di semua area

Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Keamanan Ramadan, Sambut Arus Mudik Dok. Comm. SAMS Sepinggan AIrport

Kegiatan pemeriksaan keamanan rutin ini melibatkan beberapa elemen, yaitu: Aviation Security PT. Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Kepolisian Sektor Kawasan Bandara dan Polisi Satwa (K-9) Polda Kaltim, serta TNI AU Dhomber Balikpapan.

Farid menjelaskan, "Pemeriksaan  kami laksanakan di area tol gate bandara, area check in, area kedatangan, dan area make up (bagasi), jadi bagasi pun tak luput diperiksa oleh Polisi Satwa (K-9) yang dimana secara langsung dapat mengetahui isi bagasi penumpang jika ada yang mencurigakan," katanya.   

3. Kendaraan yang masuk bandara juga diperiksa

Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Keamanan Ramadan, Sambut Arus Mudik Dok. Comm. SAMS Sepinggan AIrport

Kendaraan yang masuk ke area bandara juga tak luput dari pemeriksaan, juga barang bawaan dan orang. Hal ini menurut Farid janganlah menimbulkan kekhawatiran penumpang, melainkan demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain meningkatkan keamanan di Bandara SAMS Sepinggan juga akan ada Posko Terpadu Monitoring Angkutan Udara Lebaran tanggal 29 Mei - 13 Juni 2019, bekerja sama dengan Perum LPPNPI (airNav), BASARNAS, BMKG, PT. Jasaraharja Putra, dan pihak terkait lainnya. 

Baca Juga: Ingin Tampil Nyaman Tapi Tetap Stylish di Airport? Intip 5 Style Ini! 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya