BI Balikpapan Gelar Bazaar Murah untuk Tekan Harga Komoditas 

Sekalian tukar uang untuk Lebaran, nih!

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi membuka Bazar Murah Ramadan yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Balikpapan, pada Rabu (8/5) pagi.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, "Dengan adanya bazar dapat menekan harga komoditi yang tinggi di pasar," ungkapnya.

1. Diikuti UKM dan para petani binaan BI

BI Balikpapan Gelar Bazaar Murah untuk Tekan Harga Komoditas IDN Times/ M. Idris

Acara bazar ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan, dan BMPD (Badan Musyawarah Perbankan Daerah) dan diikuti oleh UKM, serta para petani binaan BI.

Bazar diadakan di halaman samping Bank Indonesia, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan.

Rizal Effendi menjelaskan semakin banyak yang melakukan bazar atau pasar murah di saat Ramadan dapat membantu masyarakat, lantaran banyak harga kebutuhan pokok yang naik.

2. Harga bawang putih masih tinggi di kisaran Rp80 ribu/ kg

BI Balikpapan Gelar Bazaar Murah untuk Tekan Harga Komoditas IDN Times/ M. Idris

Harga bawang putih di Balikpapan sempat melambung sampai Rp100 ribu/ kg, saat ini sudah sedikit turun di kisaran Rp80 ribu/ kg.

Menanggapi tingginya harga bawang putih Rizal mengatakan bahwa pemerintah akan mendatangkan bawang putih sebanyak 250 ton hanya saja ia belum mengetahui berapa banyak jatah bawang putih untuk Balikpapan.

"Kalau sudah datang maka bisa menekan harga bawang putih yang saat ini masih tinggi menjadi kembali normal di kisaran harga Rp25 ribu per kilogramnya" jelasnya.

3. Bazar akan digelar di 6 kecamatan di Balikpapan

BI Balikpapan Gelar Bazaar Murah untuk Tekan Harga Komoditas IDN Times/ M. Idris

Ratusan orang pengunjung nampak memadati bazar ini dan membeli aneka barang komoditas yang ditawarkan oleh para pedagang. Selain itu juga terlihat berbagai produk UKM dipasarkan di sini.

Sementara itu, Kepala Cabang BI Balikpapan, Bimo Epyanto, mengatakan bazar akan dilakukan di enam kecamatan yang ada di Balikpapan, dengan waktu selama dua hari  untuk tiap kecamatan.

Bazar ini menjual sayur mayur hingga daging dengan harga di bawah harga pasar. Selain bazar, juga ada tempat penukaran uang bagi masyarakat yang ingin menukarkan uangnya untuk keperluan persiapan hari raya Idul Fitri.

Laporan Kontributor IDN Times Kaltim M. Idris

Baca Juga: Omar Karim, Dari Jualan Kopi di Acara Bazar sampai ke Amerika Serikat

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya