Comscore Tracker

Cakupan Vaksinasi Pedagang Pasar di Balikpapan Baru 40 Persen

Pedagang antusias ikut vaksinasi

Balikpapan, IDNTimes - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan menggelar vaksinasi bagi para pedagang di Pasar Muara Rapak, Balikpapan Utara dan Pasar Baru, Balikpapan Kota pada Kamis hari ini. Kegiatan vaksinasi ini menargetkan seribu orang pedagang.

“Jadi hari ini Tim Satgas bekerja sama dengan Kill COVID Balikpapan melaksanakan percepatan vaksinasi untuk sasaran pelayanan publik kelompok pasar, di dua tempat Pasar Muara Rapak dan Pasar Baru,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarti pada Kamis (24/6/2021).

1. Vaksinasi sebagai upaya percepatan kekebalan kelompok pedagang

Cakupan Vaksinasi Pedagang Pasar di Balikpapan Baru 40 PersenVaksinasi COVID-19 kepada para pedagang di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Dio mengatakan, dengan dilaksanakannya vaksinasi bagi pedagang Pasar Muara Rapak dan Pasar Baru, berarti sudah ada 4 pasar, yaitu Pasar Klandasan, Pandansari, Muara Rapak dan Pasar Baru yang pedagangnya sudah mendapatkan vaksin dari 10 pasar yang ada di Balikpapan.

“Jadi hingga kini baru 40 persen cakupan pedagang pasar yang sudah divaksin,” sebut dokter yang akrab disapa Dio ini.

Menurutnya, antusiasme pedagang untuk ikut vaksinasi cukup tinggi. Untuk mencegah kerumunan maka vaksinasi pun diatur waktunya, sehingga para pedagang bisa bergantian.

“Upaya ini kita lakukan juga untuk mempercepat kekebalan menyeluruh untuk pelayanan publik kelompok pedagang,” ujar Dio.

Baca Juga: Lapak PKL Liar di Pasar Pandansari Balikpapan Dibongkar Paksa

2. Vaksinasi 500 pedagang Pasar Baru

Cakupan Vaksinasi Pedagang Pasar di Balikpapan Baru 40 Persenvaksinasi COVID-19 kepada para pedagang di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara, pemberian vaksin di Pasar Baru menyasar sebanyak 500 orang pedagang, termasuk pekerja mal, petugas keamanan dan pegawai tenant mal Balcony.

Kepala Puskesmas Klandasan Ilir Balikpapan Kota dr. Sri Mulyati mengatakan vaksinasi merupakan upaya percepatan untuk membentuk kekebalan kelompok terutama pedagang pasar.

“Intinya untuk percepatan vaksinasi sasaran pedagang pasar dibawah dan pekerja di mall, petugas keamanan,”ujarnya.

Menurutnya, yang datang bukan hanya dari pedagang pasar baru tapi juga pedagang dari pasar-pasar lainnya. Beberapa kali petugas pun mengingatkan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini khusus untuk pedagang pasar Baru.

Untuk memudahkan dan mempercepat vaksinasi, petugas menurunkan puluhan petugas. Meja pemeriksaan kesehatan disiapkan tujuh petugas, bahkan terlihat petugas melakukan jemput bola saat peserta mengisi formulir riwayat kesehatan.

3. Ada 4 klinik yang mendukung vaksinasi bagi pedagang Pasar Rapak

Cakupan Vaksinasi Pedagang Pasar di Balikpapan Baru 40 PersenPasar Baru Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Puskesmas Muara Rapak bekerja sama dengan Manajemen Rapak Plaza memberikan vaksinasi pertama kepada pedagang Rapak sebanyak 359 orang dan ditambah 45 orang pedagang kuliner sehingga totalnya sebanyak 404 orang.

Selain melibatkan Puskesmas Muara Rapak sebagai koordinator, vaksinasi juga dibantu tenaga medis dari 4 klinik yang ada di Balikpapan yaitu, Klinik Ibnu Sina, Ombigu, Taraka Mulia dan Antasena.

“Empat klinik ini membantu kami mengirimkan SDM dalam memberikan vaksinasi kepada para pedagang rapak ini, mulai dari dokter, perawat, bidan dan lainnya,” ujar Koordinator Vaksinasi yang juga Kepala Puskesmas Muara Rapak, dr. Fahmy Rosadi.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini untuk menghindari kerumunan vaksinator menggunakan nomor antrean. “Jadi kesempatan ini, kami minta agar digunakan para pedagang sebaik mungkin karena hari ini khusus vaksinasi bagi mereka,” tambahnya.

Vaksinasi kedua bagi para pedagang akan diberikan kembali tanggal 22 Juli 2021 mendatang.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Balikpapan Siap Kontribusi Program 1 Juta Vaksin 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya