Festival Adat Paser, Penduduk Asli Balikpapan

Memperkenalkan kembali adat Paser Balik

Balikpapan, IDN Times -  Festival Adat Paser diselenggarakan di Terminal Kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan pada 22-28 Juni 2019 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan  Muhaimin menjelaskan, "Sengaja mengambil kegiatan adat Paser dengan maksud untuk menggali kembali atau kilas balik keberadaan suku Paser Balik yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah keberadaan kota Balikpapan," jelasnya melalui pesan whatsapp kepada IDN Times, Senin (24/6).

1. Kegiatan untuk memperkenalkan adat dan budaya Paser kepada masyarakat

Festival Adat Paser, Penduduk Asli BalikpapanDok.IDN Times/Istimewa

Suku Paser Balik merupakan suku asli yang tinggal di Balikpapan namun kini suku ini semakin sedikit keberadaanya di minyak ini. Masyarakat Balikpapan perlu untuk mengetahui adat dan budaya suku asli yang juga merupakan bagian dari sejarah kota Balikpapan. 

Muhaimin menjelaskan Disdikbud Balikpapan menggelar Festival Adat Paser yang dilaksanakan oleh Bidang Budaya yang merupakan Proyek Perubahan Diklatpim IV dari Kasi Sejarah dan Tradisi Disdikbud Kota Balikpapan Dr. Surata M. Pd.

Ia juga menjelaskan kegiatan festival ini untuk memperkenalkan adat dan budaya Paser kepada para pendatang yang masuk ke Balikpapan sekaligus untuk menggairahkan destinasi wisata budaya.

2. Bahasa paser akan masuk dalam kurikulum untuk muatan lokal

Festival Adat Paser, Penduduk Asli BalikpapanIDN Times/Mela Hapsari

Terkait sejarah, adat, dan budaya serta bahasa Paser yang akan dijadikan muatan lokal, Muhaimin menjelaskan, "Untuk proses tersebut kurikulum muatan lokal harus melalui proses pengkajian dan harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," katanya.

Muhaimin juga menjelaskan, acara ini Festival Adat Paser juga melibatkan para pelajar SD, SMP, SMA, dan SMK dan mengedukasi mereka tentang sejarah dan budaya adat Paser, juga sejarah keberadaan kota Balikpapan. 

3. Menampilkan kerajinan, kuliner, dan suvenir khas Paser

Festival Adat Paser, Penduduk Asli BalikpapanIDN Times/Mela Hapsari

Disdikbud Balikpapan ingin memperkenalkan adat Paser baik kepada masyarakat Balikpapan, hingga dunia internasional. 

Pada festival ini ditampilkan aneka tarian nusantara, pameran kerajinan, kuliner, barang antik, serta komunitas seperti: komunitas bonsai, Dekranasda, komunitas hotel, dan komunitas lainnya.

 

Baca Juga: 12 Nama Pakaian Adat Sumatera Barat yang Perlu Kamu Ketahui

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya