Harga Bawang Putih di Balikpapan Berangsur Normal

Semoga harga komoditas gak melambung lagi

Balikpapan, IDN Times - Harga komoditi bawang putih, bawang merah serta cabai rawit di Pasar Tradisional Pandansari, Balikpapan Barat, harganya berangsur turun.

Bawang putih saat ini dijual dengan harga  Rp50 ribu/ kilogram. Sementara bawang merah dijual dikisaran harga Rp32 ribu/ kilogram, dan cabai rawit  sekitar Rp30 ribu/ kilogram.

1. Harga komoditas berangsur turun

Harga Bawang Putih di Balikpapan Berangsur NormalIDN Times/ M. Idris

Khusus untuk bawang putih penurunan harga terasa sangat signifikan, mengingat harga bawang putih di kota minyak ini sempat melejit hingga Rp100 ribu/ kilogram.

Menurut Ikhsan, seorang pedagang bawang di Pasar Pandansari,  harga bawang putih  di Balikpapan  diperkirakan akan turun lagi karena akan ada pasokan bawang putih dari Surabaya dalam waktu dekat ini. Harga bawang putih menurut Ikhsan akan segera kembali normal di harga Rp30 ribu - Rp35  ribu/ kilogram.

Ikhsan mengatakan harga bawang putih sempat melambung tinggi hingga Rp100 ribu/ kilogram, hal ini menurutnya karena pasokan barang belum masuk dari Surabaya. Namun harga tinggi itu hanya sesaat saja, karena adanya kiriman pasokan dari pemerintah sehingga harga langsung turun.

"Saat ini sudah berangsur normal, harga Rp50 ribu/kilogram, sudah beberapa hari dijual di pasar" tegasnya.

2. Stok bawang putih cukup di pasaran

Harga Bawang Putih di Balikpapan Berangsur NormalIDN Times/ M. Idris

Sementara Andy Fadli, seorang distributor bawang menjelaskan saat ini stok bawang putih tersedia di pasaran.

Andy mengatakan dalam satu karung bawang putih seberat 20 kilogram, ia menjualnya dengan harga Rp750 ribu. Dengan harga tersebut menurutnya, seharusnya harga masih bisa turun, dari Rp50 ribu menjadi Rp40 ribu/ kilogram.

Andy menambahkan ia biasanya mendatangkan bawang putih sebanyak 400 karung, dan khusus diedarkan di kawasan pasar-pasar tradisional di Balikpapan, seperti di Pasar Pandansari, Pasar Klandasan, Pasar Baru, dan Pasar Sepinggan. Dalam keadaan normal, 400 karung ini mampu bertahan hingga satu bulan.

3. Harga cabai rawit juga diperkirakan segera turun

Harga Bawang Putih di Balikpapan Berangsur NormalIDN Times/ M. Idris

Sementara, harga cabai rawit di Pasar Pandansari Balikpapan saat ini dijual dengan harga sekitar Rp30 ribu/ kilogram.

Harga cabai merah diprediksi akan kembali turun lantaran stok yang ada melimpah saat ini. Diperkirakan harga cabai rawit akan turun sebanyak Rp2000/ kilogramnya.

"Saat Ramadan permintaan akan kebutuhan cabai rawit cukup tinggi berbeda dengan hari biasa" jelas Ikhsan. 

Laporan Kontributor IDN Times Kaltim M. Idris

Baca Juga: 7 Trik Mengolah Bawang Putih agar Citarasa Khasnya Keluar

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya