Ibu Kota Negara Pindah di Kaltim, Perlu Penambahan Batalion Bekang

Awak media mencoba menaiki kapal rawa KMC 24

Balikpapan, IDN Times - Kepala Perbekalan Angkutan Kodam (Kabekangdam) VI/Mulawarman Kolonel Cba Hery Ismailliya, SE. M.Si memaparkan tentang alat angkut air yang dimiliki oleh Bekangdam VI/ Mulawarman.  Hery mengatakan Kapal Motor Cepat (KMC) Komando 24 baru datang dua minggu lalu dan melengkapi Alutsista di Bekangdam VI/Mulawarman.

"Kapal yang baru tambahan satu buah, ke depan akan ditambahkan lagi kalau dirasa efektif di daerah perairan. Karena kapal ini kapal rawa, spesifikasinya untuk perairan. Kemarin yang dapat baru Makassar, Balikpapan, dan Papua. Kapal ini buatan dalam negeri," ujar Hery dalam acara Press Gathering Pendam VI/ Mulawarman, di Pelabuhan ADRI Bekangdam VI/Mulawarman, pada Rabu (18/9). Press Gathering ini dilangsungkan di atas Kapal ADRI dan dihadiri puluhan awak media.

1. Sebanyak 9 unit kapal untuk pengamanan wilayah

Ibu Kota Negara Pindah di Kaltim, Perlu Penambahan Batalion BekangIDN Times/Mela Hapsari

Hery menjelaskan, "Kelebihan bisa bergerak di medan yang kering, berair, maupun rawa. Kapal ini dipergunakan untuk tugas-tugas infiltrasi ke daerah musuh jadi tidak untuk membawa senjata yang besar," katanya tentang KMC Komando 24.

Awak media yang menghadiri press gathering ini pun diajak mencoba menaiki KMC Komando 24 yang lincah untuk bergerak dan bermanuver di perairan maupun rawa-rawa.

Selain KMC Komando 24, kapal lain yang menjadi salah satu andalan Bekangdam VI/ Mulawarman adalah Kapal ADRI LXII (Angkatan Darat Republik Indonesia 42). Kapal ADRI ini merupakan kapal jenis LCU (Landing Craft Utility) yang serbaguna, bisa untuk mengangkut personel, material, kendaraan, dan juga perbekalan.

"Kapal ADRI LXII (42) ini hanya 150 DWT. Walaupun sudah tua umurnya masih kita pelihara, dan masih efektif. Contohnya kita gunakan ADRI ini untuk mendukung kegiatan Latihan Bersama Indonesia Malaysia Filipina (INDOMAPHIL) untuk menggeser pasukan, materiil, maupun bekal," jelas Hery tentang kapal yang dibuat tahun 1981 ini.

Hery menjelaskan kapal di Bekangdam ada sembilan buah dari berbagai jenis kapal, jumlah ini tidak termasuk kapal-kapal lainnya yang tersebar di Banjarmasin, Tarakan dan Samarinda. 

Baca Juga: Jika Ibu Kota di Kaltim, Pangdam Mulawarman Minta Penambahan Satuan  

2. Perlu penambahan batalion Bekang untuk pemindahan ibu kota negara di Kaltim

Ibu Kota Negara Pindah di Kaltim, Perlu Penambahan Batalion BekangIDN Times/Mela Hapsari

Terkait pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, Hery mengatakan, "Kalau untuk ibu kota negara harusnya di sini ada batalion Bekang, yang di dalamnya ada kompi air dan satuan air yang mem- back up. Untuk kajian ibu kota yang membuat Mabes TNI langsung. Kami sebatas menyarankan penambahan batalion KODAM VI/Mulawarman," jelasnya.

Ke depan akan dibentuk batalion Bekang yang akan didukung dengan Kapal ADRI yang memiliki daya angkut lebih besar dan mampu mengangkut tank untuk mendukung pengamanan ibu kota negara di Kaltim.

Mengenai pembentukan Batalion Bekang ini Hery mengungkapkan, "Tanahnya ada hibah dari masyarakat yang sudah kami terima, sudah diregister di Kantor BPN, lokasinya di Kariangau Km 13, luas sementara 15 hektare. Menurut renstra (rencana strategi) akan dibangun pada tahun 2022."

3. Menggunakan segala macam moda angkutan untuk pengamanan wilayah dan pelaksanaan tugas

Ibu Kota Negara Pindah di Kaltim, Perlu Penambahan Batalion BekangDok.IDN Times/Istimewa

Pada acara ini Hery juga menyampaikan penjelasan kepada awak media terkait tugas pokok Perbekalan dan Angkutan Kodam VI/Mulawarman yang bertugas menyediakan pelayanan jasa, pemeliharaan bekal materiil perbekalan angkutan, serta berperan penting untuk pendistribusian pasukan serta alutsista. 

Untuk pengamanan wilayah, berbagai moda angkutan digunakan termasuk hingga ke perbatasan wilayah Indonesia - Malaysia. "Moda angkutan darat yakni truk, moda angkutan laut yaitu kapal-kapal, dan angkutan udara karena banyak pos yang tidak bisa dilintasi darat dan udara," jelas Hery. 

Baca Juga: Pangkalan Militer Pindah ke Kukar, Kodam VI/Mulawarman Siap Mendukung

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya