Comscore Tracker

Jelang Paskah, Polresta Balikpapan Tingkatkan Pengamanan Rumah Ibadah

Pengamanan Mako Polresta Balikpapan juga makin ketat

Balikpapan, IDN Times - Pada perayaan Pekan Suci Paskah 2021, penjagaan di gereja-gereja semakin diperketat. Hal ini dilakukan agar seluruh umat kristiani dapat merayakan paskah tanpa kekhawatiran, terlebih setelah kejadian teror bom di depan Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3/2021) serta kejadian penembakan di Mabes Polri kemarin.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, mengatakan, pihaknya siap mengamankan kegiatan masyarakat, khususnya umat kristiani yang melakukan ibadah keagamaan saat perayaan Paskah.

“Jadi masyarakat tidak perlu panik, tetap beraktivitas seperti biasa saja,” ucapnya melalui pesan tertulis pada Rabu (31/3/2021).

1. Pengamanan dan patroli dalam kota

Jelang Paskah, Polresta Balikpapan Tingkatkan Pengamanan Rumah IbadahPetugas melakukan pemeriksaan di pengunjung Polresta Balikpapan pasca kejadian penembakan di Mabes Polri (Dok.IDN Times/Istimewa)

Untuk personel pengamanan, pihaknya telah meminta kepada Brimob Polda Kaltim dan Samapta Polda Kaltim untuk membantu pengamanan dan patroli dalam kota selain itu juga mengoptimalkan jumlah personel yang ada.

Sementara, terkait pengamanan kantor polisi yang kerap menjadi sasaran teror,  Mako Polresta Balikpapan juga terlihat lebih ketat. Aparat bersenjata lengkap berdiri di pintu masuk dan melakukan penjagaan. Setiap orang yang akan masuk ke Polresta Balikpapan dihentikan dan diperiksa setiap barang bawaannya.

Baca Juga: Kisah Para Perempuan di Balik Aksi Teror, Tak Sekedar Ikut Suami

2. Brimob Polda Kaltim membantu satu peleton pasukan pengamanan

Jelang Paskah, Polresta Balikpapan Tingkatkan Pengamanan Rumah IbadahGereja Katolik Santa Theresia Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Terpisah, saat dikonfirmasi kepada Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, mengungkapkan, pihaknya siap mengirimkan bantuan pengamanan selama perayaan Pekan Suci Paskah 2021. 

"Untuk mengatur keamanan itu dari Polresta Balikpapan. Kami membantu satu peleton anggota," kata John.

Terkait permintaan bantuan pengamanan, John menuturkan, baru pihak Polresta Balikpapan saja. "Tidak minta ke kami (Polresta Samarinda), mungkin memaksimalkan personel Polres di sana," ujarnya.

3. Wali kota imbau warga yang akan beribadah tak khawatir akan masalah keamanan

Jelang Paskah, Polresta Balikpapan Tingkatkan Pengamanan Rumah IbadahWali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times / Haikal)

Sebelumnya, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, agar masyarakat yang menjalani ibadah pada Pekan Suci Paskah tetap tenang. Sesuai dengan SOP, aparat keamanan dalam hal ini Polri dan TNI siap membantu melakukan penjagaan.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Kami juga berkoordinasi, kerja sama dengan TNI-Polri untuk keamanannya," ujarnya pada Selasa (30/3/2021).

Baca Juga: Guna Validasi Data, BKKBN Gelar Pendataan Keluarga di Balikpapan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya