Comscore Tracker

Kapal Klotok, Pilihan Transportasi Mudik Lebaran Balikpapan-Penajam 

Jangan lupa pakai jaket keselamatan

Balikpapan, IDN Times -  Pelabuhan Kampung Baru, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, merupakan salah satu lokasi yang digunakan untuk jalur mudik via transportasi laut saat hari raya Idul Fitri. Pelabuhan ini juga sering disebut sebagai Pelabuhan Klotok Kampung baru karena memang di sini banyak kapal klotok dengan trayek Balikpapan - Penajam Paser Utara (PPU).

Kapal klotok hilir mudik di Pelabuhan Kampung Baru, sayangnya banyak penumpang yang tak mau mengenakan jaket keselamatan. Kasat Polair  Polres Balikpapan, AKP Teguh Sanyoto mengatakan, "Imbauan untuk penggunaan jaket pelampung terus diberikan tanpa henti, namun ada saja penumpang yang enggan menggunakan lantaran risih, sebenarnya hal ini untuk keselamatan para penumpang," ujarnya.

1. Petugas melakukan pemeriksaan kapal klotok

Kapal Klotok, Pilihan Transportasi Mudik Lebaran Balikpapan-Penajam IDN Times/M. Idris

Guna mencegah terjadinya kecelakaan atau hal lain yang tak diinginkan petugas akan memastikan keamanan kapal-kapal klotok sebagai angkutan lebaran. Teguh menjelaskan, "Dalam menghadapi arus mudik, Polair Polres Balikpapan bersama KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) dan TNI AL melakukan pemeriksaan laik atau tidaknya kapal klotok yang digunakan untuk transportasi mudik nantinya. Selain itu juga kelengkapan jaket pelampung," katanya.  

Selain penumpang, kapal klotok juga dapat mengangkut sampai 8 buah kendaraan roda dua. Jumlah penumpang maksimal yang bisa dimuat kapal ini sekitar 15 orang. 

Baca Juga: Mau Mudik Jangan Naik Skuter Matik, Ini 3 Alasannya

2. Deklarasi Keselamatan Pelayaran

Kapal Klotok, Pilihan Transportasi Mudik Lebaran Balikpapan-Penajam IDN Times/M.Idris

Polairud Polres Balikpapan, TNI AL, KSOP, serta sejumlah motoris baik dari kapal klotok maupun speed boat melakukan Deklarasi Keselamatan Pelayaran untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan menghindari kejadian kecelakaan laut pada Selasa (14/5). 

Deklarasi Keselamatan Pelayaran ini dicanangkan agar seluruh kapal klotok dan speed boat patuh dengan aturan pelayaran, serta melengkapi alat keselamatan dan kesehatan di kapalnya masing-masing

"Keselamatan di pelayaran merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga motoris sangat berperan penting dalam mengkampayekan keselamatan berlayar kepada para penumpang, sehingga para penumpang dapat mengerti dan paham akan pentingnya alat keselamatan untuk digunakan setiap kali melakukan berlayar, baik dari Balikpapan menuju PPU maupun sebaliknya, " ucap Teguh Sanyoto.

3. Pilihan mudik dengan kapal klotok atau speed boat

Kapal Klotok, Pilihan Transportasi Mudik Lebaran Balikpapan-Penajam IDN Times/ M.Idris

Masyarakat yang ingin menyeberang dari Balikpapan ke PPU atau sebaliknya dapat memilih 2 sarana transportasi laut, yaitu kapal klotok dan speed boat.

Tarif kapal klotok Rp15 ribu per penumpang dan memerlukan waktu sekitar 45 menit. Kapal klotok lebih lambat dibandingkan speed boat yang hanya perlu waktu sekitar 10 menit perjalanan namun bertarif lebih mahal yakni Rp30 ribu per penumpang. Ada kemungkinan tarif naik saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Teguh mengingatkan agar motoris kapal klotok maupun speed boat untuk selalu waspada terhadap cuaca dan memastikan mesin kapal dalam kondisi baik. Jika cuaca buruk dan angin kencang jangan dipaksakan untuk berlayar karena bisa membahayakan penumpang.

4. Polair Polres Balikpapan membagikan takjil pada para nelayan di Teluk Balikpapan

Kapal Klotok, Pilihan Transportasi Mudik Lebaran Balikpapan-Penajam IDN Times/M. Idris

Polair Polres Balikpapan pada bulan suci Ramadan ini juga membagikan takjil kepada para nelayan akan turun melaut mencari rezeki, pada Selasa (14/ 05) di kawasan teluk Balikpapan.

Berbagi takjil ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan Ramadan. Pembagian takjil dilakukan seminggu 4 kali mengikuti jadwal patroli laut. Setiap kali sedikitnya 30 kotak yang dibagikan untuk para nelayan. Selain berbagi takjil Polairud Polres Balikpapan juga sekaligus memberikan imbauan pentingnya penggunaan jaket keselamatan saat berlayar.

Laporan Kontributor IDN Times Kaltim M. Idris

Baca Juga: 5 Tas Mudik Anti Ribet, Cocok buat Pemudik Transportasi Umum

Topic:

  • Mela Hapsari

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 13:00:04

Progress: 761.041 dari 813.350 TPS (93.56870%)

Just For You