Comscore Tracker

Kementerian LHK Siapkan 10 Juta Bibit Mangrove untuk Ibu Kota Baru

IKN diharapkan jadi kawasan yang lestari dan modern

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah pusat telah melakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan lahan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Sedikitnya ada 10 juta bibit mangrove yang disiapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pengembangan IKN di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan rombongan mengunjungi Pusat Informasi Mangrove (PIM) Delta Mahakam, di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara pada Minggu (4/4/2021).

Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmadja mengatakan, "Tujuan kunjungan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar ke Kaltim saat ini. Terutama ke Pusat Informasi Mangrove (PIM) Delta Mahakam. Diharapkan, mendukung dan membantu pembangunan hijau di IKN baru," ujarnya di PIM Delta Mahakam bersama Menteri Siti Nurbaya Bakar dan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, dilansir dari kaltimprov.go.id.

1. Sebanyak 10 juta bibit mangrove dibutuhkan per tahun hingga 2024

Kementerian LHK Siapkan 10 Juta Bibit Mangrove untuk Ibu Kota Baruilustrasi penanaman mangrove (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

PIM akan menjadi pusat pembibitan dan percepatan rehabilitasi mangrove di Kaltim. "Kami perkirakan ada 10 juta bibit mangrove dibutuhkan per tahun hingga 2024," jelas Hartono.

Sedangkan, untuk rencana rehabilitasi mangrove di Delta Mahakam seluas 27.244 hektare hingga 2024. Lahan mangrove yang perlu direhabilitasi se-Kaltim seluas 52.000 hektare.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Ibu Kota Negara di PPU, DPD RI: Tingkatkan Kualitas SDM 

2. PIM Delta Mahakam mendukung percepatan rehabilitasi mangrove

Kementerian LHK Siapkan 10 Juta Bibit Mangrove untuk Ibu Kota BaruIDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor berharap PIM Delta Mahakam mendukung percepatan rehabilitasi mangrove.

"Semoga saja terwujud. Sehingga IKN baru betul-betul didukung dengan kelestarian alamnya dari pengembangan mangrove," jelasnya.

3. Penanaman mangrove untuk kelestarian lingkungan IKN

Kementerian LHK Siapkan 10 Juta Bibit Mangrove untuk Ibu Kota BaruGubernur Isran Noor saat melakukan penanaman mangrove di PIM Delta Mahakam saat kunjungan Menteri LHK ke Kaltim pada Minggu 4 April 2021 (Kaltimprov.go.id)

Setelah menyelesaikan peninjauan calon lokasi persemaian mangrove modern di Desa Saliki, Isran Noor bersama Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan rombongan, melakukan penanaman bibit mangrove di depan pintu masuk Pusat Informasi Mangrove Delta Mahakam.

Kegiatan penanaman ini menjadi tanda peresmian penanaman mangrove di Delta Mahakan untuk pengembangan IKN di PPU. Pembangunan calon lokasi persemaian mangrove modern ini diharapkan membuat IKN dapat menjadi kawasan yang lestari dan modern.

"Saya yakin, penataan IKN baru akan lebih bagus dan nuansa lingkungan hijaunya bisa dirasakan ketika sudah terbangun," jelasnya.

Baca Juga: Menteri LHK Tinjau PPU, Groundbreaking Ibu Kota Negara Tahun 2021

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya