Kodam VI/Mulawarman Bakal Bangun Korem Kaltara Tahun 2020

Korem Kaltara ini akan memiliki nama Korem 092/Maharajalilla

Balikpapan, IDN Times -  Kodam VI/Mulawarman akan membangun Markas Komando Resor Militer (Makorem) baru di Kalimantan Utara (Kaltara). Guna mempersiapkan pembangungan Makorem, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto meninjau langsung lokasi di areal tenis indoors, dan gedung eks Dinas Pertambangan Tanjung Selor Hulu, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis (19/9).

Subiyanto menyampaikan dalam keterangan tertulis, mengenai rencana pembangunan Korem Kaltara telah ada keputusan dan ditandatangani oleh Presiden RI. Korem ini akan ditempati 300 personel yang berasal dari Kodam VI/Mulawarman.

1. Korem Kaltara akan dibangun bertahap mulai tahun 2020

Kodam VI/Mulawarman Bakal Bangun Korem Kaltara Tahun 2020Dok.Pendam VI/Mulawarman

Rencana pembangunan Korem Kaltara akan dimulai pada tahun 2020. Luas lahan 2,7 hektar dan luas bangunan 2.100 meter persegi, dan akan dibangun gedung 3 lantai. Sesuai dengan besaran program kerja dan anggaran dari Mabes TNI, maka pembangunan akan dilakukan bertahap, termasuk perumahan anggota nantinya. 

Korem Kaltara ini akan memiliki nama Korem 092/Maharajalilla, nama ini diambil berlatar juga dari kearifan lokal yang merupakan nama raja yang memiliki sejarah baik di masa lampau.

Baca Juga: Ibu Kota Negara Pindah di Kaltim, Perlu Penambahan Batalion Bekang

2. Kaltara merupakan beranda RI dan berbatasan langsung dengan negara tetangga

Kodam VI/Mulawarman Bakal Bangun Korem Kaltara Tahun 2020Dok.Pendam VI/Mulawarman

Sementara terkait rencana pembangunan Korem Kaltara, Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino, S.I.P menyampaikan, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan dan berbagai pertimbangan Pangdam telah memutuskan bahwa Gedung Tenis Indoors Pemkab Bulungan menjadi pilihan utama untuk markas Korem Kaltara. 

Hal ini dilihat dari kondisi lokasi gedung yang dapat dijadikan ruang-ruang staf, kamar mandi yang layak, dan lahan parkir yang luas.

Dino menegaskan, Korem Kaltara dibangun dengan pertimbangan bahwa wilayah Kaltara merupakan beranda depan negara dan berbatasan langsung dengan negara tetangga maka pembangunan Korem Kaltara yang akan dipimpin oleh jenderal bintang satu ini nantinya, akan semakin dapat memperkuat wilayah teritorial dan pertahanan negara khususnya wilayah teritorial Kodam VI/Mulawarman.

Baca Juga: Jurnalis Jajal Kapal Patroli KMC Komando 24 dan Incip Menu TNI

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya