Lion Air dan Bandara SAMS Sepinggan Buka Rute Baru Balikpapan-Berau  

Pandemik COVID-19 memukul industri penerbangan

Balikpapan , IDN Times - Masyarakat dari Balikpapan yang ingin menuju ke Berau dan sebaliknya, kini tak hanya melalui jalur darat tetapi bisa juga menggunakan pesawat terbang. PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan menambah penerbangan untuk menjawab kebutuhan pengguna jasa dalam meningkatkan rute penghubung antar daerah. 

Lion Air membuka rute penerbangan baru Balikpapan-Berau dan penerbangan perdana dilakukan mulai 9 September 2020.

General Manager Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan, Barata Singgih Riwahono mengatakan “Saya ucapkan selamat kepada Lion Air atas pembukaan rute barunya, mudah-mudahan memberikan dampak positif bagi industri penerbangan secara umum, tentunya meningkatkan pertumbuhan penerbangan yang ada selama ini," katanya dalam rilis tertulis Rabu (9/9/2020).

1. Berusaha meningkatkan trafik penerbangan

Lion Air dan Bandara SAMS Sepinggan Buka Rute Baru Balikpapan-Berau  Pembukaan rute Lion Air Balikpapan-Berau di Bandara SAMS Sepinggan (Dok. Bandara SAMS Sepinggan)

Pembukaan rute baru ini menggunakan maskapai Lion Air dengan rute Balikpapan - Berau berangkat pukul 08.20 WITA dan Berau – Balikpapan berangkat pukul 10.00 WITA.

"Sekedar informasi dari awal pandemi dinyatakan seluruh dunia termasuk Indonesia, terdapat penurunan namun kami terus berusaha meningkatkan trafik penerbangan meskipun perlahan,” ujar Barata.

2. Animo masyarakat tinggi meski ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi

Lion Air dan Bandara SAMS Sepinggan Buka Rute Baru Balikpapan-Berau  IDN Times/Mela Hapsari

“Penumpang pun sudah berangsur meningkat walaupun tidak seperti tahun lalu pada masa normal. Animo masyarakat masih tinggi untuk melakukan penerbangan namun masih ada syarat terbang yang harus dipenuhi," ungkapnya.

Barata berharap dengan dibukanya rute penerbangan tujuan Berau dapat mengkoneksikan peningkatan kunjungan sektor pariwisata dan memenuhi kebutuhan transportasi udara masyarakat.

3. Rute penerbangan baru di Kaltim

Lion Air dan Bandara SAMS Sepinggan Buka Rute Baru Balikpapan-Berau  Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic Lion Air Group menjelaskan, “Hari ini kami membuka rute baru di Kalimantan Timur yakni daerah Balikpapan dan Berau sehingga menjadi pilihan yang lebih banyak menggunakan pesawat Lion Air," katanya.

Selain itu pihaknya juga meminta dukungan dari berbagai pihak terkait yakni PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara, Otoritas Bandara wilayah VII Balikpapan sebagai regulator dan AirNav serta yang lainnya.

“Harapan saya semoga dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat sehingga nantinya tingkat keterisian bisa lebih meningkat lagi,” ujar Danang.

Untuk informasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan selama pandemik COVID-19 pada bulan Maret hingga Agustus 2020 melayani pesawat udara sebanyak 12.899 pergerakan. Sedangkan jumlah penumpang sebanyak 928.294. Sementara dari sektor kargo 20.679.106 kilogram. Sedangkan rute penerbangan favorit di bandara ini adalah Jakarta, Surabaya dan Makasar.

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Bagikan Masker dan Hand Sanitizer ke Penumpang

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya