Pameran Alutsista TNI pada Mulawarman Open House

Serunya naik tank

Balikpapan, IDN Times -  Ribuan warga Balikpapan dan sekitarnya memadati Markas Kodam VI/Mulawarman Balikpapan untuk mengikuti acara Mulawarman Open House, yang digelar dalam rangka HUT ke-74 TNI, pada Minggu (22/9). 

Pada acara Mulawarman Open House ini terlihat anak-anak sekolah ikut serta dalam kegiatan senam massal. Para pelajar dan masyarakat juga mengikuti pameran alutsista yang dimiliki oleh Kodam VI/Mulawarman. 

"Ini untuk pembelajaran adik-adik siswa-siswi yang ingin mengetahui alat utama sistem pertahanan (alutsista)," kata Pangdam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto . 

Pangdam juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang hadir dalam acara ini dan mengatakan acara open house sebagai acara silaturahmi dengan masyarakat. Pameran ini selain untuk mengedukasi, juga sebagai wahana wisata militer, serta memberikan informasi terkait dengan dunia militer. 

1. Rangkaian acara peringatan HUT TNI

Pameran Alutsista TNI pada Mulawarman Open HousePendam VI/Mulawarman

Acara open house juga diisi dengan penampilan atraktif dari Display Drumben Gita Ananta Santika dari Yonzipur 17/Ananta Dharma. Tak ketinggalan juga penampilan aksi flash mob dari para ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana. 

Kemudian seluruh yang hadir bersama-sama bergerak melakukan senam konfigurasi Sajojo HUT ke-74 TNI . Senam ini rencananya juga akan digelar juga dalam rangka memecahkan rekor Muri pada 27 September mendatang.

Acara open house ini adalah salah satu dari rangkaian acara HUT TNI. Pangdam menjelaskan pada acara puncak HUT TNI akan disajikan drama kolosal.

"Saya dalam ulang tahun TNI kali ini, ingin mengangkat sejarah perjuangan TNI. Besok (puncak acara peringatan HUT) akan dikemas berupa drama kolosal yang bercerita tentang sejarah TNI," katanya. 

Baca Juga: Ibu Kota Negara Pindah di Kaltim, Perlu Penambahan Batalion Bekang

2. Masyarakat antusias berfoto dengan alutsista TNI

Pameran Alutsista TNI pada Mulawarman Open HouseIDN Times/Mela Hapsari

Acara ini dihadiri oleh Walikota Balikpapan, Kapolresta Balikpapan, Danlanal, Danlanud, serta unsur Pejabat Kodam VI/Mulawarman, pejabat Polda Kaltim dan unsur Forkopimda lainnya.

Di Makodam juga didirikan puluhan stand yang berisikan berbagai informasi tentang TNI. Masyarakat dapat mencari informasi tentang peralatan maupun seputar tugas-tugas TNI, juga mengenai pendaftaran prajurit TNI.

Masyarakat terlihat antusias berfoto naik tank, alat angkut darat dan air yang dipamerkan di acara ini, sekaligus berfoto dengan berbagai peralatan TNI lainnya.

3. Open house untuk sarana edukasi mengenai TNI

Pameran Alutsista TNI pada Mulawarman Open HouseIDN Times/Mela Hapsari

Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino, S.I.P menyampaikan, bahwa kegiatan Mulawarman Open House ini digelar dalam satu hari dan menampilkan hiburan, puluhan stand dari berbagai satuan yang ada di Kodam VI/Mulawarman termasuk TNI AL, maupun TNI AU. Acara ini terbuka untuk umum, masyarakat juga dapat menikmati wisata militer serta joyride menggunakan tank berkeliling area Makodam.

"Di samping itu juga ada lomba bagi para fotografer media, yaitu menggambarkan sisi humanis anggota TNI dan masyarakat di seputaran areal kegiatan, akan disediakan hadiah menarik bagi para juaranya, "jelas Kolonel Kav Dino Martino.

Ia juga mengharapkan masyarakat dapat menggali wawasan dan pengetahuan mengenai alutsista TNI seperti tank anoa, persenjataan militer, ransum TNI maupun alutsista lainnya.

Baca Juga: Pangkalan Militer Pindah ke Kukar, Kodam VI/Mulawarman Siap Mendukung

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya