Pemkot Balikpapan Terapkan Jam Tertib PKL di Pasar Pandan Sari 

Atur PKL yang berjualan di badan jalan

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan memberlakukan jam tertib untuk mengatur Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih marak berjualan sekitar badan jalan di kawasan Pasar Pandan Sari.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan pihaknya berencana akan mulai memberlakukan secara efektif jam tertib PKL mulai Kamis, 13 Februari 2020 ini.

"Kita uji coba jam tertib di Pasar Pandan Sari, agar jalan di depan pasar bisa bersih dari PKL," kata Zulkifli kepada wartawan di Kantor Wali Kota Balikpapan, belum lama ini.

1. Kawasan Pasar Pandan Sari dipastikan bebas PKL

Pemkot Balikpapan Terapkan Jam Tertib PKL di Pasar Pandan Sari IDN Times/Aji

Kawasan di sekitar Pasar Pandan Sari dipastikan akan bebas dari PKL mulai pukul 07.00 hingga 17.00 Wita.

Pemberlakuan itu dilakukan untuk mengantisipasi jumlah PKL yang masih marak berjualan dengan menggunakan fasilitas umum di sekitar Pasar Pandan Sari. Tercatat ada sekitar 500 PKL yang berjualan di sekitar Pasar Pandan Sari.

Keberadaan PKL yang masih marak ini banyak menimbulkan protes dari para pedagang yang berjualan di dalam gedung bangunan pasar karena dinilai menyebabkan omset berjualan mereka menurun.

Zulkifli menerangkan pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sejumlah PKL beberapa hari sebelum melaksanakan penertiban ini. Sejumlah perwakilan PKL mengaku siap ditertibkan dengan kompensasi diberikan tempat untuk berjualan di dalam bangunan pasar.

"Kami sudah sudah sosialisasi hal ini, sebagian mereka (pedagang) menerima rencana penertiban ini dan siap untuk direlokasi ke dalam bangunan pasar," ujarnya.

Baca Juga: Menyingkap Tabir Kematian Janggal Napi di Lapas Samarinda

2. Penertiban PKL diawali kegiatan bakti sosial

Pemkot Balikpapan Terapkan Jam Tertib PKL di Pasar Pandan Sari Ilustrasi pedaganh bumbu bawang putih. IDN Times/Larasati Rey

Zulkifli  menjelaskan pelaksanaan jam tertib ini bakal diawali pelaksanaan bakti sosial untuk membersihkan fasilitas umum di sekitar kawasan Pasar Pandan Sari dengan melibatkan sejumlah perwakilan pedagang dan PKL.

Kegiatan bakti sosial ini juga merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Balikpapan ke-123.

"Kita awali penerapan jam tertib ini dengan kegiatan bakti sosial di sekitar pasar, untuk membersihkan fasilitas umum yang ada. Kegiatan ini juga berkaitan dengan peringatan HUT Kota Balikpapan," terangnya.

3. Personel Satpol PP akan ditempatkan di sekitar lokasi pasar

Pemkot Balikpapan Terapkan Jam Tertib PKL di Pasar Pandan Sari Dok. IDN Times/Istimewa

Dalam kegiatan bakti sosial ini, pihaknya akan mengerahkan satu unit excavator untuk membersihkan parit, setelah lapak-lapak PKL yang ada diatasnya dibongkar.

Untuk mendukung rencana penertiban PKL di sekitar kawasan Pasar Pandan Sari, Satpol PP akan menempatkan beberapa personel di sekitar lokasi selama jam tertib PKL ini diberlakukan.

"Ini masih uji coba, kita masih kedepankan tindakan persuasif kepada PKL yang tetap berjualan di luar lokasi pasar," pungkasnya.

Baca Juga: Sidang Tujuh Tapol Papua di Balikpapan, Kuasa Hukum: Dakwaan Tak Jelas

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya