Pos Pelayanan di Kutai Kartanegara Disulap ala Star Wars, Canggih!

Sasar generasi millennial untuk edukasi lalu lintas

Kutai Kartanegara, IDN Times - Ada yang unik di pada Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam 2019, yang ada di Jalan Poros Balikpapan-Samarinda Kilometer 54, Kecamatan Samboja. Pos ini didirikan untuk pengamanan dan pelayanan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2020

Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam 2019 yang dibangun oleh Satlantas Polres Kutai Kartanegara ini tampil beda dan memiliki teknologi canggih. Bahkan disebut mirip markas dalam film Star Wars: The Rise of Skywalker. Keunggulan teknologi di pos ini bahkan diklaim sebagai yang tercanggih di Indonesia.

Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Andreas Susanto Nugroho didampingi Kasatlantas Kukar AKP Wisnu Dian Ristanto menjelaskan pos dibangun dengan tema Star Wars karena sedang booming film tersebut. Tema Star Wars terlihat pada ornamen dan hiasan yang ada di pos. 

"Pos Pelayanan ini terbuka untuk umum. Silahkan masyarakat yang melintas di KM 54 untuk mampir dan mencoba semua fasilitas," jelas Andreas saat mengunjungi pos pelayanan ini pada Sabtu (28/12).

1. Gunakan teknologi canggih agar menarik perhatian generasi millennial

Pos Pelayanan di Kutai Kartanegara Disulap ala Star Wars, Canggih!Kasatlantas Polres Kukar AKP Wisnu Dian Ristanto dan Kapolres Kukar AKBP Andreas (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pos unik ini dibuka sejak 23 Desember - 2 Januari 2020. Berbagai pelayanan diberikan untuk para pengunjung yang mampir beristirahat, seperti medic area, meeting area, innovation education area, dan command center.

Pos pengamanan dan pelayanan ini sengaja dibuat dengan tema Star Wars dan dilengkapi teknologi canggih untuk edukasi lalu lintas yang menyasar generasi millennial.

Teknologi canggih yang diusung di pos ini yakni teknologi Augmented Reality (AR) dengan aplikasi Interaction Kukar dan Virtual Reality (VR), serta interactive touch wall. Pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi tentang lalu lintas melalui game VR. Andreas menjelaskan fasilitas dan teknologi ini baru pertama kali diterapkan pada pos pelayanan di Indonesia. 

Baca Juga: Kapolda Kaltim Pastikan Kasus Kematian Bripda Budi akan Diproses Hukum

2. Game edukatif untuk mendidik tentang lalu lintas

Pos Pelayanan di Kutai Kartanegara Disulap ala Star Wars, Canggih!Pemeriksaan pengunjung di Pos Pelayanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara Wisnu menjelaskan, interactive touch wall yang berfungsi seperti proyektor dengan layar sentuh, juga baru pertama kali ada dan diterapkan oleh Polres Kukar. Pada layar pengunjung dapat melihat lokasi rawan kecelakaan, titik kemacetan, hingga pos pengamanan dan pelayanan yang ada.

"Fasilitas ini isinya pendidikan lalin (lalu lintas). Kami berharap bisa mengenalkan berbagai macam pelanggaran yang sering terjadi melalui edukasi teknologi," jelas Wisnu. 

Ia menambahkan, pengunjung pos ini dapat memainkan gim edukatif, seperti menunjukkan tilang pada pengendara sepeda motor yang tak memakai helm dan berbagai jenis permainan lainnya untuk millennial

3. Keberadaan pos pelayanan ini diharapkan mengurangi angka kecelakaan

Pos Pelayanan di Kutai Kartanegara Disulap ala Star Wars, Canggih!Ketua Bhayangkari Polres Kukar Maria Andreas Susanto Nugroho menyerahkan bingkinsan untuk petugas Pos Lilin Mahakam 2019 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Wisnu juga menjelaskan Posko Lilin Mahakam 2019 ini dibangun di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto karena kawasan ini merupakan area rawan kecelakaan lalu lintas. 

Keberadaan posko ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di kawasan ini pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Catatan Akhir Tahun Polda Kaltim, Pecat Personel karena Narkoba

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya