Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Calon Ibu Kota di Kaltim

Banyak lokasi strategis di Kaltim untuk jadi ibu kota RI

Balikpapan, IDN Times - Presiden Jokowi hari ini Selasa (7/5)  berkunjung ke Kalimantan Timur untuk meninjau calon ibu kota RI di Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara. Lokasi Bukit Suharto ini sempat diusulkan oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor kepada Presiden Jokowi untuk ibu kota baru.

Presiden Jokowi  terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma pukul 10.00 WIB dan setibanya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Jokowi disambut Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan Ketua DPRD Kalimantan Timur H. Syahrun dan beberapa pejabat lainnya.

1. Bukit Soeharto dilirik sebagai calon ibu kota negara

Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Calon Ibu Kota di Kaltimboombastis.com

Bukit Soeharto atau Taman Hutan Raya Bukit Soeharto ditetapkan sebagai kawasan konservasi sejak tahun 1991 ketika masa Presiden Soeharto masih berkuasa. Area seluas 61.850 hektare ini kemudian pada tahun 2004 menjadi Taman Hutan Raya atau Tahura.

Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Lokasinya sekitar 45 menit perjalanan dari kota Balikpapan atau 1,5 jam dari Samarinda.  Bukit Soeharto ini dibuat untuk menjaga dan melindungi alam, koleksi flora dan fauna untuk kepentingan penelitian, pendidikan, pariwisata, dan rekreasi.

Baca Juga: Daerah di Kalimantan Ini Bakal Jadi Kandidat Kuat Ibu Kota RI

2. Presiden juga melihat progres jalan tol Balikpapan Samarinda

Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Calon Ibu Kota di KaltimDok. Wika Beton

Kunjungan kerja Presiden hari ini selain meninjau lokasi calon ibu kota negara di Kaltim ini juga sekaligus untuk mengetahui progres pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Setelah mengunjungi Bukit Soeharto, presiden akan kembali ke Bandara SAMS Sepinggan untuk mengunjungi lokasi calon ibu kota baru lainnya yaitu Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

Baca Juga: Bakal Jadi Ibu Kota Negara, Ini Modal yang Dimiliki Kalimantan Selatan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya