Comscore Tracker

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapan

Pantas kamu kunjungi untuk kulineran di kota minyak

Kalimantan hingga saat ini memang menjadi salah satu magnet para pencari kerja. Banyak sumber daya alam yang dimiliki pulau ini, sehingga banyak perusahaan didirikan di sini. Kota

Meskipun tidak sepesat kota-kota di Jawa, Kota Balikpapan berkembang pesat selama beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya dari segi hiburan dan infrastruktur, wisata kulinernya pun bervariasi karena animo para anak muda yang tertarik menggeluti bisnis kuliner. 

Untuk kamu yang baru bertandang ke kota 'minyak' ini, ada baiknya kamu mencoba dulu kuliner yang tidak lekang dimakan zaman. Kedai dan tempat makan ini telah berdiri selama puluhan tahun dan selalu menjadi pilihan saat menjamu tamu yang datang dari luar kota Balikpapan.

Nih, 8 tempat makan yang legendaris di Balikpapan yang wajib kamu coba kalau datang kota ini!

1. Sarapan pagi di Depot Miki.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapaninstagram/chuliylestari

Berada di pinggir jalan arteri utama di Balikpapan, tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman seberang Balikpapan Plaza, kamu bisa mencicipi sarapan ala orang kota minyak di Depot Miki. Menawarkan menu sarapan berat dari Nasi Kuning, Soto Banjar, Lontong Sayur, Bakmi Ayam hingga Bubur Ayam tersedia disini.

Untuk kamu yang tidak ingin makan karbohidrat kompleks, kamu bisa sarapan Cakwe, bakpao dan kue-kue basah dan kering lainnya.  Makanan yang wajib kamu coba disini adalah Nasi Kuning dan Bakpao Miki. Nasi Kuning-nya orang Banjar itu berbeda dengan nasi kuning pada umumnya.

Nasinya tidak terurai alias sedikit lengket karena dicampur dengan beras ketan. Toppingnya adalah mie kuning goreng, serundeng dan telor atau ayam atau ikan haruan masak merah. Bakpau Miki juga tidak kalah terkenalnya. Kamu bisa memilih berbagai isian bakpau seperti kacang merah, kacang ijo, coklat dan ayam. Biasanya orang juga membawa pulang Bakpau Miki sebagai oleh-oleh.

2. Menikmati Mantaw dan Bakpao di Kedai Kopi Mantaw.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapanfoursquare.com

Kalau kamu lagi ke sini, rasanya semua pengen ditelen. Kamu mau sarapan apa, di Kedai Kopi Mantaw semua tersedia. Lokasinya sebelahan aja sama Depot Miki. Ada menu seperti nasi kuning, lontong Banjar, bubur dan masih banyak pilihan menu lainnya.

Bedanya kedai ini dengan kedai lainnya adalah kamu bisa nyicipin mantaw canton yang enak banget. Mantaw itu seperti roti yang digoreng cuma lebih bantet. Biasanya sih dimakan sama daging rusa atau daging sapi masak lada hitam. Di Kedai Kopi Mantaw sih hanya dijual mantaw-nya saja.

Di kedai ini juga tersedia menu-menu unik lho. Seperti bubur ikan, kembang tahu jahe, nasi tim, dim sum hingga bebek pekking juga ada. Nyesel deh kalau lagi ke Balikpapan terus gak mampir ke sini.

3. Makan siang Coto Makassar Hj. Judding.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapaninstagram/dapurbalikpapan

Memang agak aneh sih makan Coto Makassar di Balikpapan. Mungkin karena banyak pendatang yang berasal dari Sulawesi makanya kuliner yang satu ini pun termasuk kuliner yang terkenal di kota minyak. Soal rasa Coto Makassar di Balikpapan, gak kalah enaknya dengan Coto dari kota asal namanya.

Tempat makan Coto yang terkenal di Balikpapan sebenarnya banyak. Tapi tempat spesial kuliner satu ini ada di belakang Pasar Klandasan. Terletak di pinggir pantai, ditemani angin sepoi-sepoi, kamu bisa menikmati semangkuk coto berisikan daging dan jeroan.

Biasanya kamu akan dihidangkan coto aja, karena ketupatnya sudah disusun disebuah piring diatas meja. Ketupatnya itu all you can eat lho alias gratis. 

4. Mencicipi Bubur Ayam Samarinda.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapaninstagram/ebeezuper

Dari penampilannya saja, kamu bisa tahu kalau Bubur Ayam Samarinda terlihat beda sama bubur-bubur yang kamu pernah makan. Isiannya adalah bubur, suiran ayam, ati ampela, irisan telur rebus, irisan tomat dan yang bikin bubur ini beda, kuahnya yang berlimpah. 

Rasanya? Enak. Apalagi kalau dimakan pas hujan-hujan. Ngangetin badan deh! Kedai Bubur Ayam Samarinda ini berlokasi di Jl. Jend A. Yani, Gunung Sari Ilir. Kalau mau kesini, perhatikan pinggir jalan baik-baik karena kedainya tidak terlalu besar dan mencolok. Cabangnya memang sudah ada di mana-mana, tapi yang berlokasi di Gunung Sari Ilir inilah yang utama.

5. Makan Pia Cendrawasih dan Es Kacang Merah di Depot Cendrawasih.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapaninstagram/rico_agus_tinus

Berlokasi di Gunung Malang, Depot yang terletak di pinggir jalan raya ini selalu dipadati pengunjung. Depot Cendrawasih memang selalu menjadi pilihan saat makan siang tiba. Soto Banjar dan Es Kacang Merahnya jadi menu andalan Depot ini.

Selesai makan, kamu bisa bungkus aneka kue-kue enak tanpa pengawet yang ada di sini. Yang paling sering diburu para konsumen adalah Pia Cendrawasih. Dengan berbagai pilihan isian seperti kacang ijo, kumbu hitam, keju dan sebagainya. Dijamin belinya gak cukup satu.

6. Ngopi di Kedai Kopi Nam Min yang berusia 59 tahun.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapaninstagram/foodmaxindo

Buka dari jam 08.00-18.00 WITA, Kedai Kopi Nam Min ini siap melayani perut-perut lapar kamu. Kedai Kopi ini sendiri ada di dua lokasi. Lokasi pertama berada di Pasar Pandan Sari dan sudah berdiri sejak tahun 1985. Sementara yang kedua berada di area ruko baru Kebun Sayur.

Kedai Kopi Nam Min Pandan Sari memiliki interior klasik layaknya kedai kopi pecinan. Di sini biasanya diminati para konsumen yang sudah menjadi pelanggan lama. Namun mungkin agak kurang nyaman karena kecil dan banyak yang merokok disini. Kedai yang satunya, yang lebih baru akan lebih tepat jika kamu ingin makan dan foto-foto dengan nyaman.

Kedai ini terkenal karena menyajikan roti produksi sendiri. Kamu bisa menikmati hidangan aneka roti di sini ditemani secangkir kopi hangat. Roti bakar andalan mereka adalah roti bakar dengan selai sarikaya buatan sendiri juga. Pulangnya, kamu bisa bungkus roti yang baru keluar dari panggangan dan selai kemasan homemade khas Depot Nam Min.

7. Khas Balikpapan, Soto Banjar dan Sate di Warung Soto Banjar Kuin Abdhu.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapaninstagram/magicianafu888

Soto Banjar Kuin Abdhu sudah sangat terkenal sebagai kuliner malam di kalangan warga Balikpapan. Jadi jangan heran, jika kamu kesini lewat jam 6 malam, mendapati parkiran sudah macet dan yang lagi makan di dalam membludak. Tapi tenang saja, walaupun kamu harus antri duduk, pelayanannya disini sangat cepat. Jadi kamu gak bakal kelaparan lama-lama.

Menyediakan menu populer, Soto Banjar Kuin Abdhu terkenal karena menggunakan ayam kampung dan telor bebek sesuai Soto Banjar yang asli. Kamu bisa memilih pakai nasi atau ketupat untuk dimakan bersama sotonya. Hidangan lain yang patut dicoba disini, Sate Ayamnya yang maknyuss. Enak juga dimakan berbarengan bersama Soto Banjar.

Kalau kesini, parkirannya memang rada susah karena lokasi Warung ada di pinggir jalan besar. Dan seperti yang saya bilang diatas, siap-siap antri kalau kamu datangnya pas jam makan malam. Tetap saja, Soto Banjar-nya wajib dicoba!

8. Kepiting Kenari dan aneka seafood di Dandito.

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapaninstagram/jogjabikinlaper

Ga afdol rasanya kalau main ke Balikpapan dan belum makan Kepiting Kenari. Untuk urusan Kepiting Kenari, Dandito juaranya. Restoran Dandito yang menyajikan aneka masakan kepiting dan seafood ini sudah terkenal hingga kalangan artis ibukota. Tengok saja dinding di restoran ini yang dipenuhi foto dari para artis dan public figure ternama yang sudah pernah makan di Dandito.

Urusan rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu yang suka makan kepiting, bakal dipuaskan disini. Selain bisa memilih saus, kamu juga bisa memilih jenis kepiting biasa atau bertelur yang akan diolah. Ada juga Kepiting Crispy yang kepitingnya juga bisa ikutan dimakan.

Tidak hanya kepiting, aneka seafood lain juga tersedia disini. Dan karena terletak di pinggir pantai, jangan kaget jika ukuran cumi, udang dan ikan yang kamu makan, besar-besar disini. Puas makan, kamu juga bisa membungkus para kepiting ini untuk dijadikan oleh-oleh. Kemasan oleh-olehnya juga sudah standar, sehingga kamu tidak perlu takut jika nantinya akan bocor atau baunya tercium di kabin pesawat.

Tambahan spesial, nongkrong malam-malam di Pantai Melawai

Wajib Coba! 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapanklikhotel

Berada di tepian laut memang memberikan keuntungan sendiri bagi kota Balikpapan. Untuk ke pantai atau menikmati laut, kamu tidak perlu berkendara jauh apalagi merogoh kocek dalam-dalam. Kamu juga bisa menyusuri garis pantai di sepanjang kota Balikpapan untuk menemukan spot yang kamu suka.

Ada berbagai pilihan restoran, cafe dan tempat makan di sepanjang jalan yang langsung bersebelahan dengan pantai. Nikmati keindahan panorama laut di sini. Atau kamu juga bisa lesehan di tempat yang sudah disediakan para penjaja kaki lima. Sambil menikmati sepiring pisang gapit dan semangkuk wedang ronde hangat untuk menghalau hembusan angin laut. 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh namiya di IDN Times Community dengan judul Kudu Coba, 8 Tempat Makan Enak di Kota Balikpapan

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You