[Update] Positif Virus Corona Tetap 6 Orang dan 676 ODP di Balikpapan

Putuskan rantai penularan COVID-19, masyarakat di rumah saja

Balikpapan, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan pasien terkonfirmasi positif virus corona atau COVID-19 di Balikpapan tetap sejumlah 6 orang. Sementara pasien yang diobservasi di rumah sakit atau Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 24  orang. 

"Hari ini Selasa (24/3) jam 16.00 (Wita ) kami sampaikan jumlah kasus PDP yang dirawat di rumah sakit se-Kota Balikpapan sebanyak 22 pasien, dan ada 2 pasien dari luar wilayah. Jadi total PDP 24 pasien," kata Andi Sri Juliarty yang akrab dipanggil Dio ini melalui pesan suara, Selasa (24/3).

1. Terdapat 676 PDP di Balikpapan

[Update] Positif Virus Corona Tetap 6 Orang dan 676 ODP di BalikpapanKepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarti (IDN Times / Haikal)

Sementara kasus Orang dalam Pemantauan (ODP) di Balikpapan dari waktu ke waktu terus melejit, per hari ini sudah mencapai angka 676 kasus.

"Kasus yang diobservasi di rumah jumlahnya sebanyak 733 Orang dalam Pemantauan. Dari jumlah ini, 57 sudah selesai masa observasinya selama 14 hari dan masih tersisa 676," ujar Dio.

Peningkatan angka ODP yang sangat cepat ini memerlukan pemantauan ekstra dari Dinas Kesehatan. Ia menambahkan, "Ini meningkat signifikan dari hari ke hari jumlah ODP. Kami usahakan melalui teman-teman di Puskesmas, untuk terus berkomunikasi dengan ODP baik kunjungan ke rumah atau melalui telepon," ungkapnya.

Baca Juga: Social Distancing, Satpol PP Razia Restoran dan Kafe di Balikpapan  

2. Sebanyak 18 orang telah dinyatakan negatif virus corona

[Update] Positif Virus Corona Tetap 6 Orang dan 676 ODP di BalikpapanIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara sejak awal kasus terkait virus corona di Balikpapan, telah ada 18 orang yang terkonfirmasi negatif COVID-19.

"Dari keseluruhan yang dikirim sampel labnya, dikonfirmasi positif ada 6, dikonfirmasi negatif ada 18. Kemarin 16, hari ini kita terima hasil ada 2 yang negatif jadi ada 18 yang negatif (virus corona)," kata Dio

3. Kondisi PDP dan ODP membaik

[Update] Positif Virus Corona Tetap 6 Orang dan 676 ODP di BalikpapanRSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sebanyak 22 PDP virus corona warga Balikpapan menjalani isolasi di RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo sebanyak 13 orang, RS Pertamina Balikpapan 2 orang, RSUD Beriman 2 orang, RS Hermina 2 orang, RS Siloam 2 orang, dan RS Bhayangkara 1 orang.

"Kondisi PDP sudah membaik, ODP juga membaik. Jika ODP ada keluhan demam, batuk, dan sesak harus segera ke rumah sakit," ujarnya.

4. Masyarakat perlu di rumah saja dan jaga jarak dengan orang lain

[Update] Positif Virus Corona Tetap 6 Orang dan 676 ODP di BalikpapanShutterstock/Pormezz

Sementara itu, Dio juga mengharapkan peningkatan ODP virus corona yang begitu pesat dapat ditekan melalui menjaga jarak dengan orang lain untuk memutus rantai penularan virus berbahaya ini. Ia mengimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan, keramaian atau berkumpul dengan banyak orang, lebih baik di rumah saja.

"Kami harapkan dengan isolasi diri atau physical distance, jika ini tertib disiplin dilakukan oleh masyarakat maka status ODP akan berkurang," jelas Dio

5. Anggaran untuk membeli APD dan alat rapid test untuk masyarakat

[Update] Positif Virus Corona Tetap 6 Orang dan 676 ODP di Balikpapan(Petugas kesehatan mengenakan hazmat suit di dalam pesawat) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Pemerintah Kota Balikpapan telah menganggarkan dana untuk penanganan virus corona ini. Menurut Dio, "Usulan anggaran setahu saya untuk kebutuhan medis sampai Rp9 miliar tapi ini untuk 3 bulan ke depan," katanya. 

Dana ini digunakan untuk membeli Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis, serta alat rapid test untuk masyarakat, juga APD untuk  petugas yang melakukan observasi di lapangan. 

"Kita membeli rapid test dan menunggu yang dari Kementerian Kesehatan. Selain menunggu kita juga mengupayakan untuk membeli. Mana yang lebih dahulu datang sehingga kita bisa lebih cepat melaksanakannya. Anggaran ini juga termasuk cairan antiseptik baik hand sanitizer maupun yang disemprotkan ke lapangan," katanya.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Siapkan Hotel untuk Isolasi Pasien Virus Corona

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya