12 Hari di Rumah Sakit, Istri yang Dibakar Suami Meninggal Dunia

Keluarga minta pelaku dihukum berat

Balikpapan, IDN Times - Seorang perempuan berinisial ER (42) yang menjadi korban pembakaran oleh suaminya sendiri, Machrizal Pahlevi (42), pada Kamis (12/3) lalu, meninggal dunia pada Selasa (24/3) pagi.

Warga Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah itu meninggal dunia setelah 12 hari dirawat di RSKD Balikpapan. Ibu empat anak itu mengalami luka bakar serius hampir di sekujur tubuhnya.

"Pagi tadi jenazah korban kita langsung bawa pulang. Luka bakar yang dialami almarhumah memang cukup parah, sekitar 70 persen," ujar bapak korban, Udin saat ditemui di kediamannya di kawasan Belakang Toko Utama, Selasa (24/3/2020).

1. Keluarga minta pelaku dihukum berat

12 Hari di Rumah Sakit, Istri yang Dibakar Suami Meninggal Dunia(IDN Times/Mia Amalia)

Machrizal Pahlevi tega menyiramkan bensin dan menyulutkan api ke tubuh istrinya. Beberapa saat lamanya kobaran api membakar tubuh korban. Api baru baru padam setelah korban bergulung-gulung ke tanah dan dibantu warga yang ada di dekat lokasi kejadian, di kawasan Pasar Sore, Gunung Bakaran.

"Kami sekeluarga sudah bersama-sama saat korban belum meninggal jika pelaku harus dihukum seumur hidup," tambah Udin.

2. Pelaku dikenakan pasal berlapis

12 Hari di Rumah Sakit, Istri yang Dibakar Suami Meninggal DuniaIsak tangis keluarga mengiringi kepergian korban yang diduga dibakar oleh suaminya sendiri di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu Kapolsek Balikpapan Selatan, Kompol Harun Purwoko yang datang langsung ke rumah duka mengatakan, tindakan pelaku membakar istrinya hingga menyebabkan kematian harus diikuti dengan penetapan pasal yang dijeratkan.

Menurut Harun pelaku harus dijerat dengan pasal berlapis. Di antaranya, pasal 44 ayat 3 UU nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

"Selain itu, pelaku juga bisa dikenakan dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Harus dihukum maksimal," jelas Kapolsek Balikpapan Selatan.

Baca Juga: Suami Bakar Istri di Surabaya Divonis 7 Tahun Penjara

3 Korban dan pelaku kerap berselisih pendapat

12 Hari di Rumah Sakit, Istri yang Dibakar Suami Meninggal DuniaIlustrasi (IDN Times/Sukma Sakti)

Sebelumnya diberitakan, pelaku dan korban yang merupakan pasangan suami istri kerap berselisih pendapat dalam rumah tangga. Namun, sikap pelaku menjadi tak terkontrol dan melakukan tindakan kriminal terhadap istrinya. 

Akibatnya, sang istri, ER mengalami luka bakar serius hampir di sekujur tubuhnya. Korban sempat dibawa ke RSKD Balikpapan sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhirnya.

Baca Juga: Suami Bakar Istri dalam Truk di Balikpapan, Luka Bakar 70 Persen

Topik:

  • Mela Hapsari
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya