4 Pedagang Plaza Ramayana Balikpapan Positif COVID-19, Klaster Baru?

253 dari 600 pedagang jalani swab massal

Balikpapan, IDN Times - Satuan Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, melakukan pemeriksaan swab massal di Plaza Ramayana Balikpapan. Pemeriksaan massal dilakukan setelah 4 orang pedagang positif COVID-19.

“Swab massal ini dilakukan menyusul ditemukannya empat orang pedagang di pasar tradisional yang terkonfirmasi positif COVID-19 beberapa hari lalu,” kata Asisten Satu Sekretariat Daerah Pemkot Balikpapan, Saiful Bachri, Selasa (21/7/2020).

1. Penyemprotan disinfektan di pasar

4 Pedagang Plaza Ramayana Balikpapan Positif COVID-19, Klaster Baru?Assisten Satu Setdakot Pemkot Balikpapa, Saiful Bachri (IDN Times/Hilmansyah)

Sebelum pemeriksaan swab dilakukan, petugas terlebih dahulu melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kios pedagang pasar tradisional pada Senin, 20 Juli 2020 malam.

"Tes swab massal ini menindaklanjuti temuan pasien COVID-19 yang positif kemarin. Makanya kita kerja sama dengan pengelola Plaza Ramayana Balikpapan melakukan ini," ujarnya.

Saiful mengatakan, sebanyak 253 pedagang di Plaza Ramayana Balikpapan telah mendaftarkan diru untuk mengikuti pemeriksaan swab.

"Kita siapkan tes swab sesuai jumlah pedagang yang ada aja," jelasnya.

Saiful juga menegaskan jika penutupan Plaza Ramayana Balikpapan selama beberapa hari kedepan dilakukan agar petugas bisa melakukan sterilisasi kawasan pasar dari virus corona.

2. Tes swab massal digelar bertahap

4 Pedagang Plaza Ramayana Balikpapan Positif COVID-19, Klaster Baru?Pelaksanaan tes swab massal pedagang Pasar Muara Rapak Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Koordinator pedagang pasar Plaza Ramayana Balikpapan, Fatmawati mengatakan, ada sebanyak 600 pedagang di Plaza Ramayana Balikpapan. Namun yang mendaftarkan diri untuk melaksanakan tes swab hanya sebanyak 253 orang saja.

"Kami para pedagang ada tes sangat senang dengan adanya tes ini. Harapannya hasilnya dapat segera diketahui sehingga tidak ada kekhawatiran lagi, menyusul ditemukannya 4 pedagang kami yang ternyata positif COVID-19,” ujarnya.

Proses tes swab massal ini, kata Fatmawati, dilakukan secara bertahap berdasarkan masing –masing blok pasar yang diberi jatah waktu satu jam.

"Para pedagang ini gantian tesnya ini, supaya tidak terjadi kerumunan orang karena bahaya itu," tegasnya.

Baca Juga: Rapid Test 1500 PPDP, KPU Balikpapan Gelontorkan Anggaran Rp225 Juta

3 Plaza Rapak ditutup selama 3 hari

4 Pedagang Plaza Ramayana Balikpapan Positif COVID-19, Klaster Baru?Pelaksanaan tes swab massal pedagang Pasar Muara Rapak Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Dengan adanya temuan 4 orang pedagang terjangkit corona, maka pengelola Plaza Ramayanan Balikpapan melakukan langkah antisipasi dengan menutup kompleks pasar. Pasar ditutup selama 3 hari kedepan dan dipastikan tidak ada aktivitas jual-beli.

“Sesuai instruksi Pemkot Balikpapan, maka kami menutup pasar ini selama 3 hari kedepan, meski temuan terjadi di pasar tradisional namun kami juga menutup lantai 1, 2 dan 3 termasuk mallnya," ujar Dodi Aurora, pengelola Plaza Ramayana Balikpapan.

Dodi juga menegaskan selama ini pihaknya tetap melaksanakan protokol prosedur kesehatan COVID-19 kepada pengunjung dan pedagang yang ada di Plaza Ramayana Balikpapan. Mulai mewajibkan penggunaan masker, menggunakan thermo gun, menyediakan tempat cuci tangan, dan saling jaga jarak.

Baca Juga: 95 Persen PPDP Balikpapan Sudah Rapid Test, Semua Non-Reaktif

Topik:

  • Mela Hapsari
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya