Comscore Tracker

Awas, Musim Penghujan Datang dengan Ancaman Banjir di Balikpapan

Ancaman banjir dengan bencana tanah longsor

Balikpapan, IDN Times - Hujan yang mengguyur Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) sejak tengah malam hingga pagi hari menyebabkan sejumlah kawasan tergenang banjir. Bahkan beberapa pemukiman warga terendam banjir sehingga Tim Sar Gabungan Balikpapan terpaksa melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir.

“Hujan yang turun sejak malam hari pukul 01.00 wita hingga pagi, merendam sejumlah kawasan hingga pemukiman,”ujar Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarna Balikpapan, Octavianto, Sabtu (28/8/2021).

1. Warga terpaksa dievakuasi

Awas, Musim Penghujan Datang dengan Ancaman Banjir di BalikpapanBencana banjir melanda Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (28/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Octa mengatakan, area terendam banjir ini merupakan kawasan yang memang kerap tergenang air jika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Balikpapan.  Selain merendam jalan, banjir juga menggenang pemukiman warga.

“Saat ini Tim Sar Gabungan tengah melakukan evakuasi terhadap korban banjir yang masih terjebak di rumah mereka yang terendam banjir,” ujarnya.

Evakuasi dilakukan, katanya, terhadap 10 bayi dan anak balita, 15 orang dewasa, dan 5 orang tua lanjut usia dan mereka yang sedang dalam keadaan sakit.

Baca Juga: Pandemik Panjang, Pemuda Balikpapan Nekat Curi Panel Surya Jalanan 

2. Penyebab terjadinya banjir di Balikpapan

Awas, Musim Penghujan Datang dengan Ancaman Banjir di BalikpapanBencana banjir melanda Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (28/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno memantau langsung kondisi banjir yang terjadi di sejumlah titik kawasan di Balikpapan. Ia menjelaskan ada beberapa faktornya yang menyebabkan terjadinya banji ini.

“Selain hujan deras, kondisi air laut saat ini juga sedang pasang dengan ketinggian sekitar 57 centimeter, sehingga air cenderung menggenang di daratan,” paparnya.

Saat ini, katanya, Petugas BPBD Kota Balikpapan beserta Tim Sar Gabungan, TNI-Polri, dan relawan telah diterjunkan ke lapangan untuk membantu penanganan banjir.

"Adapun nanti perkiraan BMKG hujan akan turun hingga pukul 08.30 wita," Jelasnya.

Adapun kawasan yang tergenang banjir meliputi Jalan MT Haryono. Yakni simpang BDS, depan Global Sport, dan simpang Balikpapan Baru. Kemudian kawasan Jl Beller,Jl Patimura, pemukiman warga Gang Batu Ratna, Gunung Guntur dan Gang Swadaya Kamung Timur.

3. Ancaman tanah longsor hingga pohon tumbang

Awas, Musim Penghujan Datang dengan Ancaman Banjir di BalikpapanPohon tumbang selama hujan deras di Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (28/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Hujan yang mengguyur Kota Balikpapan ini, selain menyebabkan banjir juga disusul musibah lain di antaranya tanah longsor dan pohon tumbang.

Tanah longsor terjadi di Jl Padat Karya Gunung Steleng Rt 40 No 65 Kelurahan Gunung Samarinda Baru Balikpapan utara. Akibat hujan deras, longsoran tanah dan lumpur telah masuk ke teras rumah warga.

Sementara itu, pohon tumbang hingga menutupi jalan terjadi di JL Soekarno-Hatta Kilometer 3 Balikpapan Utara. Namun kejadian ini langsung ditangani petugas BPBD Kota Balikpapan beserta Tim Sar Gabungan, TNI-Polri, dan relawan.

Baca Juga: Hujan Semalaman, Kawasan Industri Balikpapan Lumpuh karena Banjir

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya