Balikpapan-Enrekang Kerja Sama dalam Pemenuhan Bahan Pangan

Enrekang akan memenuhi kebutuhan pangan di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Pemkot Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menjalin kerja sama dengan Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan (Sulsel). Dua daerah bertetangga ini menjalin MoU dalam pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat Balikpapan. 

Asistem II Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Balikpapan Agus Budi Prasetyo mengatakan, kedatangan perwakilan dari Enrekang merupakan tindak lanjut kunjungan Balikpapan beberapa tahun lalu. Saat itu, Balikpapan melakukan kunjungan kerja di bidang penyediaan bawang merah.

“Dalam kunjungan yang hari ini kerja sama dilakukan akan diperluas kepada kebutuhan pokok strategis yang saat ini Kota Balikpapan masih belum bisa memenuhinya,” ujarnya, Jumat (3/6/2022).

1. Balikpapan masih defisit dalam memenuhi kebutuhan pangan

Balikpapan-Enrekang Kerja Sama dalam Pemenuhan Bahan PanganPemkot Balikpapan menjalin kerja sama dengan Kabupaten Enrekang dalam penyediaan pangan, Jumat (3/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Agus Budi mengatakan, Kota Balikpapan diketahui masih mengalami defisit 85 persen dalam penyediaan bahan pokok pangan seperti beras, daging sapi, telur, cabai dan sayuran. Selama ini, masyarakat Balikpapan mengandalkan pasokan dari daerah lain dari Pulau Jawa, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Barat. 

“Kami sarankan dalam kerja sama nanti bukan hanya bawang merah, tapi juga ada padi, jagung, cabai, daging sapi,” jelasnya.

Produksi pertanian dan peternakan di Balikpapan memang tidak bisa banyak diandalkan. Demikian pula pasokan dari kota/kabupaten lainnya berada di wilayah Kaltim. 

Baca Juga: Genap Setahun Pimpin Balikpapan, Ini Kebijakan Strategis Rahmad Mas'ud

2. Pemberdayaan kerja sama antar daerah

Balikpapan-Enrekang Kerja Sama dalam Pemenuhan Bahan Panganilustrasi tempat penjual daging sapi (Unsplash.com/毛 祥)

Pemkot Balikpapan juga akan memfungsikan peran perumda dalam proses kerja sama ini sebagai operator. Hal lain kalau mereka sudah datang ke sini untuk mengantar bahan pokoknya, pada saat kembali ke daerah sebaiknya dengan penuh muatan produk Balikpapan. 

“Memang semakin banyak daerah yang menawari kerja sama sangat baik, seperti Polman, Enrekang, dan Barru. Maka nanti kita mencari yang paling kompetitif dan Kota Balikpapan memerlukan banyak sekali kebutuhan pokok, yang tidak disediakan daerah ini bisa disediakan daerah lainnya,” ungkapnya.

3. Pertanian dan peternakan Enrekang melimpah

Balikpapan-Enrekang Kerja Sama dalam Pemenuhan Bahan PanganPemkot Balikpapan menjalin kerja sama dengan Kabupaten Enrekang dalam penyediaan pangan, Jumat (3/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Enrekang Wahab Cawidu berharap, kunjungan ini akan terus meningkat dalam bentuk nyata. Menguntungkan bagi kedua belah pihak. 

“Kabupaten Enrekang akan menyiapkan bahan baku yang strategis untuk kebutuhan pokok di Kota Balikpapan, dari segi pencanangan MoU nya akan kami siapkan di akhir bulan Juni ini,” ujarnya.

Wahab mengungkapkan, produksi pertanian dan peternakan Enrekang cukup melimpah. Pihak pemda pun berupaya agar produk pertanian dan peternakan tersebut dapat dimanfaatkan daerah lain. Seperti kali ini, dengan menjalin kerja sama bersama Balikpapan. 

“Tentunya dengan memberikan dengan harga yang kompetitif serta bahan pokok yang dibutuhkan bagi warga Kota Balikpapan,” akunya.

Wahab yakin kerja sama antar dua daerah saling menguntungkan bagi Balikappan maupun Enrekang. Sebagai kota satelit Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tentunya membuat peningkatan kebutuhan pangan seiring lonjakan jumlah penduduknya. 

Baca Juga: Korea Selatan akan Bantu Water Suply untuk Kota Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya