TNI Bedah Rumah Dua Warga Balikpapan, Nyaman dan Layak Huni

Renovasi rumah warga, dan veteran para warakawuri

Balikpapan, IDN Times - Memperingati HUT Republik Indonesia ke-75 Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menggelar program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 75 di seluruh Kodam di Indonesia. Dua rumah warga Balikpapan mendapatkan bedah rumah.

Salah seorang warga, Sulikah, mengatakan senang sekali dan tidak menyangka rumahnya direnovasi, sudah lama ingin mendapatkan bantuan untuk perbaikan rumahnya. Sulikah menjelaskan ia tinggal di Balikpapan sudah sejak tahun 1950, dan merasa bersyukur dapat bantuan bedah rumah.

"Alhamdulillah, dapat bedah rumah," ucap Sulikah di rumahnya dengan bahagia, pada Minggu (26/8/29).

1. Ada 2 rumah di Balikpapan yang mendapatkan program RTLH

TNI Bedah Rumah Dua Warga Balikpapan, Nyaman dan Layak HuniPangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menjelaskan kegiatan ini dilakukan secara terus menerus dan ini bagian dari karya bakti TNI AD untuk  membantu masyarakat yang tidak mampu.

"Saya datang ini mewakili KSAD untuk menyerahkan secara simbolik kunci setelah bedah rumah dilaksanakan," katanya di rumah Hartati.

Heri menjelaskan Kegiatan bedah rumah ini di Kota Balikpapan dilakukan di dua tempat yang pertama secara simbolis dilakukan di rumah Hartati, warga Jalan Gunung IV RT 47 No.33 Balikpapan Barat, berikutnya di rumah Sulikah di Jalan Inpres IV RT 12, Kelurahan Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara.

“Kegiatan ini program pribadi KASAD karena rasa peduli, rasa kasih kepada warga, termasuk veteran para warakawuri sehingga KASAD berkeinginan untuk melaksanakan bedah rumah tersebut,"ujar Heri.

Baca Juga: Kakek Asiman, Pejuang Asal Balikpapan, Kini Jadi Pedagang Mainan

2. Wali kota senang warga Balikpapan mendapatkan bedah rumah

TNI Bedah Rumah Dua Warga Balikpapan, Nyaman dan Layak HuniWali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat kegiatan bedah rumah RTLH oleh TNI AD di Balikpapan (IDN Times / Hilmansyah)

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, mengucapkan selamat kepada Hartati dan Sulikah serta mengucapkan terima kasih kepada TNI AD dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan bedah rumah ini.

"Warga kota kami bangga karena dari 75 rumah yang dibangun KASAD, dua rumah ada di Balikpapan itu sesuatu luar biasa," kata Rizal

3. Berharap agar warga yang mendapatkan perbaikan rumah bisa tinggal dengan nyaman

TNI Bedah Rumah Dua Warga Balikpapan, Nyaman dan Layak HuniSulikah warga penerima program RTLH atau bedah rumah di Balikpapan (IDN Times / Hilmansyah)

Sementara itu, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa menyampaikan kegiatan RLTH ini untuk Kodam VI/Mulawarman ada lima. Dua diantaranya di Balikpapan, satu rumah di Kaltara, satu rumah di wilayah KOREM Samarinda, dan satu rumah di KOREM Kalsel. Adapun sasaran utama kepada janda veteran dan warakawuri yang memang segera diperhatikan.

" Mudah - mudahan dengan program RTLH ini Ibu Sulikah betul - betul bisa lebih nyaman dan tenang, bisa menikmati hasil yang ada," tukas Putu.

Baca Juga: Menilik 6 Jejak Sejarah Perjuangan Kemerdekaan di Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya